oleh

Warga Desa Putridalem Gelar Gerebek Kue Apem

Citrust.id – Masyarakat dusun Kaputren Desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh menggelar gerebek kue apem dan pasar budaya. Acara tradisi warga tersebut berlangsung di alun-alun dusun tersebut, Rabu (7/11/2018).

Tokoh masyarakat setempat Amien Halimi mengatakan masyarakat membuat kue secara serentak di masing-masing blok. Hal itu menjadi salah satu upaya melestarikan tradisi adat Rebo Wekasan (Rabu terakhir di bulan Safar) serta mengangkat budaya yang hampir punah.

“Warga setiap blok mengirimkan kue apem ke masyarakat yang berada di sekitar,” jelas Amien.

Gerebek serta pasar budaya kue apem juga sebagai salah satu ciri khas budaya gotong royong dan saling membantu antarwarga, yang sampai saat ini masih tertanam di masyarakat. Pengolahan dan proses pembuatan adonan untuk kue tersebut dilakukan di rumah warga.

Ratusan hingga ribuan kue apem dibagikan ke semua lapisan masyarakat Desa Putridalem. Sekaligus sebagai sedekah masyarakat untuk tolak bala meminta perlindungan kepada Allah SWT.

“Apalagi bertepatan dengan berakhirnya bulan Syafar tepatnya di hari rebo wakasan, sebagai hari yang diyakini umat Islam sebagai hari turunnya sepuluh ribu penyakit yang diturunkan ke bumi oleh Allah,” pungkasnya. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed