oleh

Wabup Karna: Kelompok Informasi Masyarakat Penting untuk Diberdayakan

aitrades

Citrus.id – Wakil Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M. Mpd mengatakan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
yang ada di Kabupaten Majalengka penting buat kita untuk kita bermitra dan diberdayakan. Karena memiliki jejaring yang luas yang langsung bisa menyentuh kepada masyarakat.

“Tugas pemerintah adalah bermitra, memfasilitasi, memberdayakan, kekuatan mereka itu bukan disuruh tapi inisiatif, maka pendekatan pemberdayaan adalah pemberdayaan inisiasi karena mereka sudah memiliki hobi tersendiri,” kata Wabup Karna seusai menghadiri Festival Kelompok Informasi Masyarakat, di Alun-alun Kecamatan Jatitujuh, Jumat (15/12).

Dikatakan Dia, Majalengka yang merupakan salah satu Destinasi wisata di Jawa barat sangat potensial, karena selain memiliki lokasi wisata yang sangat menjanjikan, juga didukung dengan sumberdaya manusia yang tidak bisa dianggap remeh. Hal ini terbukti dengan digelarnya festival KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) yang di gelar berbagai komunitas industri kreatif.

“Skill dan SDM dari seluruh komunitas yang mengikuti festival KIM mempertontonkan hasil karya kreatifnya dengan menggunakan berbagai media seperti tanah liat, bambu dan lain lain. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, menjadi Ketertarikan literasi digital, ketertarikan untuk mengakses integrasi, menganalisis dan menyampaikan kepada orang lain,” jelas dia.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka, Drs. Maman Sutiman, menyatakan, seiring perkembangan zaman saat ini pemanfaatan teknologi informasi menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam mengelola informasi secara lebih cepat dan efisien.

“Tetapi bagi masyarakat desa bukanlah hal yang mudah dalam memanfaatkan teknologi informasi. Makanya KIM sebagai lembaga sosial yang dibentuk oleh, dari dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif, yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat. Tujuannya untuk meningkatkan nilai tambah serta sebagai mitra pemerintah dalam memenuhi hak-hak masyarakat akan kebutuhan informasi,” kata Dia.

Dikatakan dia, sedikitnya 40 KIM dan komunitas penggiat informasi (KPI) yang eksis di Kabupaten Majalengka mengikuti Festival ini dengan menampilkan berbagai karya kreatif. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed