oleh

Visi dan Misi Paslon No 3 Kabupaten Majalengka

Citrust.id – Dalam situasi perpolitikan pilkada serentak 2018 untuk Pilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Majalengka semakin menghangat, persaingan Visi Misi serta Program-program kerakyatan yang akan dikentaskannya oleh para Calon Bupati dan Wakil Bupati jika kelak salah satu pasangan calon terpilih dan dipercaya oleh masyarakat Majalengka.

Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Majalengka Dr. H. Sanwasi dan Drs. H. M Taufan Ansyar yang dikenal dengan Slogan SOPAN SANTUN (Sanwasi Mohamad Taufan / Sejahtera Agamis Nyaman Tertib Unggul) memiliki Program Unggulan berdasarkan dari hasil Aspirasi dan keluhan yang mebebani masyarakat Majalengka, Program-program tersebut telah dimilikinya dari tahun 2015 dimana pada saat H. Taufan Ansyar masih status bakal calon Bupati Majalengka.

Dalam perbincangan Paslon SOPAN (Sanwasi Taufan) Calon Wakil Bupati Majalengka Drs. H. M Taufan Ansyar menyampaikan Visi Misi SANTUN (Sejahtera Agamis Nyaman Tertib Unggul) dan Program-program Unggulan Kerakyatan secara detail serta pemaparan daripada Visi Misi tersebut.

“Seperti sudah kami sampaikan berkali kali kepada warga dalam acara silaturahmi baik pada waktu sosialisasi maupun kampanye bahwa Majalengka akan punya Bandara, Kawasan Industri dan Aero City. Untuk siapa kehadiran ketiga kawasan ini? Kalau tidak ada manfaatnya lebih baik kita tolak saja,” tutur Cawabup H. Taufan Ansyar.

“Maka kehadiran ketiga kawasan ini harus memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat, dan pasangan SOPAN menganggap saat inilah momen yang tepat untuk kebangkitan ekonomi masyarakat Majalengka,”tambah dia.

Masih dikatakan Cawabup H. Taufan Ansyar pada tahap awal, persoalan persoalan yang menjadi beban masyarakat harus dikurangi bahkan dihilangkan, sehingga kami punya program utama sebagai berikut :

1). Memberikan subsidi kepada masyarakat penerima SPPT PBB dengan nilai 100rb kebawah tidak perlu membayar alias gratis.

Pemberian subsidi 100rb kebawah merupakan tahap awal, bisa saja tahun selanjutnya subsidinya ditingkatkan lagi menjadi 150-200rb tergantung perkembangan penerimaan PAD dari PBB di ketiga kawasan tersebut.

“Setelah kami hitung jika masyarakat diberi subsidi 100rb kebawah, maka total se Kabupaten Majalengka, pemerintah memberi subsidi sebesar 19,4M,”jelas dia.

Harapan pasangan SOPAN SANTUN dengan adanya program ini sekaligus juga ingin memberikan pendidikan politik yang cerdas kepada masyarakat agar tidak terjebak kedalam politik pragmatis/money politik, karena berdasarkan hitungan kami dengan munculnya 3pasang calon, maka jika salah satu paslon meraih 300rb suara maka akan jadi pemenang, jika angka 300rb suara itu didapat dengan cara membeli misalnya 50rb/suara, maka paslon tersebut akan menggelontorkan dana sebesar 15M. Coba bandingkan dengan subsidi yang akan kami berikan (19,4M) jika menang, untuk itu kami berharap masyarakat berfikir realistis dengan memilih calon yang memiliki program kerakyatan yang berpihak kepada kepentingan masyarakat.

“Walaupun demikian kami akan persilahkan masyarakat menerima pemberian uang tersebut anggap saja rejeki, tetapi pemberian itu jangan merubah pilihan karena kalau gara-gara uang 50rb pilihan berubah, maka sama dengan tidak peduli masa depan anak cucu karena telah menggadaikan idealisme 10rb/tahun dan kalau dihitung per bulan hanya sekian rupiah saja. Ingatlah hidup itu adalah pilihan, lima menit anda dibilik suara, akan menentukan nasib anda dan anak cucu anda kedepan, hidup yang kita jalani keberhasilanya ditentukan oleh setiap pilihan kita,”jelas dia panjang lebar.

2). Program berikutnya adalah pemberian insentif kepada para Kyai, Ustadz, Guru Ngaji, Guru Madrasah Swasta dan Imam Mesjid, mencakup juga penganggaran dana pemeliharaan Pesantren, Mesjid, Mushola, Majelis Taklim dan DTA, dan program distribusi Al Quran gratis.

Hal ini sangat menjadi perhatian pasangan SOPAN SANTUN karena kami ingin memperkuat dasar aqidah, khususnya generasi muda dalam menghadapi kemajuan Majalengka kedepan karena akan berhadapan dengan berbagai macam lingkup pergaulan baik dengan sesama warga Majalengka, orang luar Majalengka bahkan orang asing yang kelak akan banyak melakukan aktifitas sosial dan bisnis di Majalengka. Jadi kalau pasangan SOPAN terpilih, bagi anak lulusan SD yang akan melanjutkan ke jenjang SMP/Tsanawiyah harus punya juga ijasah Madrasah Diniyah atau setara, misalnya dari Pondok Pesantren. Hal tersebut dimaksudkan agar para lulusan SD sudah punya dasar aqidah yang kuat salah satunya sudah menguasai baca tulis Al Qur’an.

Dan juga nanti akan ada program Ustadz/ Ajengan mengajar. Teknisnya antara lain diperuntukan bagi para ustadz/ ajengan yang ada di kampung-kampung untuk diberi jam mengajar di sekolah sekolah negeri, sehingga nantinya akan mendapat honor bulanan sesuai dengan jumlah jam mengajar.

Mengingat salah satu partai pengusung SOPAN adalah PPP, maka komitmen ini sudah dituangkan dalam pernyataan bermaterai ditandatangani oleh Cabup dan Cawabup dan diketahui oleh Ketua DPC PPP Kabupaten Majalengka, dengan kata lain program ini wajib di PERDA kan. Dalam komitmen tersebut juga mencakup memperdakan pelarangan peredaran minuman ber alkohol

3. Program berikutnya adalah pemberian kadeudeuh kepada warga masyarakat yang berusia 70tahun keatas sebesar 1jt per tahun sesuai kriteria yang sudah ditentukan. Program ini dimaksudkan untuk memberikan bantuan ekonomi terutama kepada lansia yang diusia tuanya secara ekonomi kurang beruntung dan memang layak mendapat bantuan.

4. Disamping program-program diatas, pasangan SOPAN juga sangat konsen untuk meningkatkan ekonomi Masyarakat melalui program Kewirausahaan. Mengingat nadi ekonomi kabupaten adanya di desa-desa, maka kami akan memperkuat BUMDES terutama bidang permodalanya. Nanti kami akan membuat BUMDES itu seperti BANK yang dialihkan ke Desa, artinya system pembukuan dan keluar masuk dananya sudah dilakukan secara computerize hal ini dimaksudkan agar terhindar dari KKN, karena aturan/sistem yang bekerja.

Diharapkan dengan penguatan BUMDES maka ekonomi Desa akan hidup karena warga desa bisa lebih leluasa untuk mengembangkan UMKM, seperti produksi industri makanan lokal, industri kreatif, perikanan, pertanian, perkebunan, peternakan dan pengembangan UMKM lainya.

“Bisa juga nanti Desa bekerjasama dengan BUMDES membuat gedung serbaguna yang diperuntukan untuk disewakan bagi acara-acara nikahan/hajatan atau kegiatan lainya, atau juga membuat pasar tradisional, membuat kios kios/ ruko,”paparnya.

Untuk Karang Taruna nya bisa juga bekerjasama dengan BUMDES mengelola kawasan wisata tradisional/ wisata rohani spiritual/ wisata alam yang ada di desa masing masing dibuat menjadi Desa Wisata yang dikelola secara profesional sehingga bisa menarik para wisatawan baik lokal maupun luar negeri untuk datang berkunjung.

5. Dan masih banyak program lainya yang akan kami laksanakan kalau kami mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk menjadi Bupati/Wakil Bupati Majalengka antara lain : pelebaran jalan-jalan katagori jalan kabupaten minimal menjadi lebar 9meter, hal ini dimaksudkan agar lonjakan jumlah kendaraan yang akan masuk di kawasan kawasan wisata Majalengka tidak menimbulkan kemacetan dan sekaligus juga dimaksudkan agar produksi pertanian/ perkebunan/ hasil kerajianan dan seluruh hasil produksi masyarakat desa bisa terjangkau tranportasi kendaraan roda 4 ukuran besar, supaya bisa bersaing dipasaran karena ongkos angkut bisa lebih ditekan. Dibidang pertanian kita akan mempertahankan swasembada pangan, dan juga membuka lahan-lahan pertanian baru, pembuatan embung air dan membenahi sarana irigasi.

Untuk Seni dan Budaya tradisional Majalengka kami sangat menyadari bahwa ini adalah salah satu asset yang harus kita jaga, untuk itu kami akan membuat Sarana Gedung Pentas Seni dan Budaya, yang akan dibuat secara representative untuk pertunjukan seni budaya dan pameran-pameran produk lokal seni dan budaya Majalengka.

Untuk sarana kesehatan kami juga akan mendorong percepatan kenaikan type RSUD Majalengka dan RSUD Cideres menjadi RS type B hal ini dimaksudkan agar kebutuhan kesehatan masyarakat akan lebih terlayani secara optimal karena untuk penanganan sakit yang perlu penanganan khusus, tidak perlu dilarikan ke RS diluar kota.

Dan juga kami juga akan mempermudah pendirian Rumah Sakit baru supaya pelayanan masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal karena pasti diantara rumah sakit yang ada akan bersaing dibidang pelayanan.

Masih banyak program lain yang tentunya sangat diperlukan oleh masyarakat antara lain perhatian untuk pembenahan sektor pendidikkan usia dini, dasar dan menengah dan juga sarana pendidikan untuk warga berkebutuhan khusus.

6. Semua program yang dipaparkan diatas akan dilaksanakan secara terpadu sehingga semua kebutuhan masyarakat bisa terwakili, di Majalengka ada 7000 penyandang disabilitas, untuk itu setiap rencana program yang akan digulirkan pasti akan memperhatikan juga kalangan yang berkebutuhan khusus.

‘Demikian pemaparan singkat VISI MISI ini semoga bisa memenuhi rasa penasaran bagi warga masyarakat yang membutuhkanya, tentunya masih banyak program yang tidak termuat disini mengingat ruang yg terbatas. Untuk itu saya terbuka untuk membuka ruang diskusi secara fair tanpa unsur subyektif. SALAM TIGA JARI,” pungkas Cawabup H. Taufan Ansyar./abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed