oleh

Usaha Burung Kontes, Menyalurkan Hobi Sekaligus Peluang Bisnis

Citrust.id – Menjalani hobi yang disukai sangat menyenangkan, apalagi sekaligus menambah penghasilan. Seperti halnya Toni, pengusaha burung kontes itu menggeluti usahanya sejak 4 tahun lalu.

Menurutnya, berbisnis jika tidak dibarengi dengan hobi akan cepat jenuh, tegas toni saat dijumpai di toko burung miliknya, Selasa(4/9/2018). Ia menjual berbagai jenis burung seperti Kenari, Crokcok, Jalak Nias, Murai, dan yang lainnya.

“Hobimu bisnismu,” ujar Toni, salah satu pemilik usaha burung di kawasan Weru Kabupaten Cirebon kepada Citrust.id.

Rata-rata pendapatan bisa mecapai Rp450 ribu perhari bahkan bisa lebih jika musim kontes burung tiba. Belum lagi ditambah dengan hasil penjualan pakan dan vitamin yang untungnyapun lumayan.

Mayoritas burung yang dijual adalah burung yang siap ikut kontes, karena Toni tidak sekadar merawat, melainkan sambil melatih burung supaya layak untuk ikut kontes.

Kendala usaha ini ketika musim penghujan tiba, dikarenakan burung banyak mati akibat virus.

“Burung banyak mati jika musim hujan, apalagi jika merawatnya kurang telaten. Tapi itu bisa dicegah selama perawatannya rutin dan pemberian vitamin dilakukan meski tetap ada yang mati tapi tidak seberapa” tutur Agung, salah satu karyawan Toni./heryadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed