oleh

Update Informasi Maritim, PT Pelindo II Gelar IPC Goes to Campus di Unswagati

Citrust.id – Untuk memberikan informasi terkini terkait perkembangan maritim Indonesia, terutama sektor pelabuhan, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) menggelar IPC Goes to Campus di Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati), Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Kamis (29/11/2018).

IPC Goes to Campus Unswagati menghadirkan Direktur Operasional PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Saptono Rahaju Irianto, sebagai pembicara.

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II juga menyalurkan dana CSR senilai total Rp200 juta bagi Unswagati. Rinciannya, beasiswa senilai Rp50 juta untuk para mahasiwa berprestasi dan Rp150 juta dialoksikan untuk sarana kampus.

Pada kesempatan itu, Rektor Unswagati, Mukarto Siswoyo, mengatakan, IPC Goes to Campus digelar di Unswagati adalah tepat. Pasalnya, Unswagati merupakan kampus terbesar bahkan tertua di Ciayumajakuning.

Dikatakan rektor, dirinya berharap, ke depan sinergitas dan komunikasi yang baik antara Unswagati sebagai lembaga pendidikan tinggi dengan PT Pelindo II sebagai BUMN bisa meningkat.

“Penguatan sinergitas tersebut antar lain melalui berbagai kegiatan di bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat,” jelas Rektor Mukarto.

Sementara, Direktur Operasional PT Pelabuhan Indonesia II, Saptono Rahaju Irianto, menjelaskan, saat ini, PT Pelindo memiliki 12 cabang dan 17 anak perusahaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Diungkapkan Saptono, pihaknya memiliki visi menjadi pengelola pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan.

Sedangkan misi yang diemban adalah sebagai pengelola pelabuhan yang memaksimalkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan secara berkesinambungan dalam rangka meningkatkan perekonomian nasional.

Saptono menjelaskan, secara garis besar ada tiga tugas pokok PT Pelindo. Pertama, kegiatan di laut berupa pelayanan kapal. Kedua, di dermaga berupa pelayanan peti kemas, pelayanan non-petikemas dan pelayanan lain. Sedangkan tugas pokok yang ketiga adalah pelayanan di darat atau lini 2, misal gudang dan usaha terminal.

“Tahun ini, tercatat sebanyak 16 mahasiswa Unswagati melakukan magang atau Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT Pelindo,” kata Saptono. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed