oleh

Unma-IPB Gelar KNM Bersama di Majalengka

Citrust.id – Universitas Majalengka menggelar Kerja Nyata Mahasiswa (KNM) bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) di 50 desa dan 11 kecamatan di Kabupaten Majalengka.

“Ada 1039 mahasiswa yang melakukan KNM bersama ini, yakni 235 mahasiswa IPB dan 774 mahasiswa Unma,” ungkap Rektor Unma Prof. Dr.Ir H. Soetarman seusai melepas para mahasiswa di Auditorium Unma, Selasa (18/6/2019).

Soetarman menegaskan, Unma didirikan oleh tokoh Majalengka untuk Majalengka. Kiprahnya bukan hanya untuk pendidikan, tapi juga pengabdian ke masyarakat.

“Inilah kiprah Unma untuk Majalengka. Untuk mencapai tujuan pengabdian ini tidak harus sendirian, diantaranya kerja sama dengan IPB,” imbuhnya.

Dikatakan dia, KNM bersama diharapkan berdampak positif ke masyarakat karena program IPB tematik berkesinambungan ke masyarakat desa selama 3 tahun.

“Setiap tahun ketika KNM, mahasiswa kami selalu bertemu mahasiswa IPB di desa. Maka, rektor Unma datang ke IPB untuk kerjasama KNM atau KKN bersama. Pada Desember 2018, kami berangkat ke Bogor dan Februari 2019 MoU tentang KKN bersama,” jelasnya.

“IPB dalam melakukan KKN skalanya nasional. Saya tawadu mahasiswa di IPB ini berkualitas dan akan kolaborasi dengan mahasiswa Unma. Dosen pembimbingnya akan kolaborasi dan mengeluarkan jurnal karya ilmiah yang akan diterbitkan di jurnal IPB,” ungkap Soetarman.

Soetarman menjelaskan, saat MoU apple to apple. Masyarakat punya manfaat luar biasa karena program KNM bersama ini multi years selama 3 tahun.

“Hasilnya akan dilokakaryakan dengan gelar potensi desa di tingkat kecamatan dan gelar potensi Dldesa tingkat kabupaten,” ujarnya.

KNM digelar selama 40 hari di 50 desa di 11 Kecamatan Sindangwangi, Rajagaluh, Maja, Argapura, Cingambul, Cikijing, Talaga, Lemahsugih, Sumberjaya, Jatitujuh, dan Kertajati.

“Responsnya IPB sangat antusias dan pentingnya kolaborasi Bogor-Majalengka dalam menghadapi persaingan global,” ungkapnya.

Sementara, Sekda Kabupaten Majalengka, H. Diki Ahmad Sodikin, mengatakan, Pemkab Majalengka sangat mendukung program tersebut.

“Ini inovasi dan terobosan Unma yang sangat positif. Semoga sukses di tempat KNM nanti,” tukasnya. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed