oleh

Unik, Kerudung Lukis Satia Sematkan Budaya Cirebon

Citrust.id – Dunia fashion yang dikolaborasikan dengan unsur budaya tampaknya menjadi alternatif tersendiri dalam menyita perhatian publik.

Hal demikian yang dilakukan oleh Satia, warga Desa Tangkil, kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon. Bermodal keahliannya dalam melukis, hijab-hijab dia sulap menjadi unik nan cantik dengan balutan motif mega mendung.

“Ide awal membuat hijab lukis ini karena saya ingin mengangkat budaya Cirebon. Ya sudah, saya buat motif mega mendung dengan hijab sebagai alasnya,” ungkap Satia kepada citrust.id, Jumat (26/10/2018).

Meski bukan asli kelahiran Cirebon, dirinya mengaku jatuh hati pada budaya yang dimiliki kota ini. Menurutnya Kota Cirebon kaya akan budaya dan sejarah yang perlu untuk dilestarikan.

Tidak hanya ikon mega mendung, beragam motif berbau budaya pun turut ia tuangkan dalam hijab berbentuk segi empat tersebut.

Mulai dari pembuatan pola hingga pewarnaan dilakukannya dengan bantuan sang istri. Baginya menuangkan unsur budaya ke dalam fashion adalah sebuah hobby, selain untuk memperkenalkan budaya kepada masyarakat luas.

“Respons dari pembeli positif, dan kebanyakan memang dari luar kota seperti, Depok, Jakarta, Bogor,” bebernya.

Dalam hal ini, Satia berharap adanya campur tangan pemerintah dalam mengembangkan usaha-usaha kreatif handmade seperti yang ia lakukan.

“Sampai saat ini tidak terlalu banyak peran dari pemerintah dalam membantu usaha handmade seperti saya, pernah ada semacam pelatihan, tapi hanya sekali, setelah itu sudah tidak ada lagi,” tandasnya./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed