oleh

Tuntut Perbaikan Tanggul Sungai, Ratusan Warga Geruduk Kantor BBWS Cimanuk-Cisanggarung

aitrades

Citrust.id – Ratusan warga Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon menggeruduk Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS), Rabu (30/5). Massa masuk ke halaman kantor BBWS dan melakukan orasi sambil membentangkan spanduk.

Dalam aksinya, mereka meminta BBWS serius menangani kondisi Sungai Bangka Deres. Massa menuntut agar BBWS segera memperbaiki tanggul Sungai Bangka Deres yang sangat kritis dan longsor, sehingga mengancam rumah warga.

Selain perbaikan tanggul, warga juga meminta Sungai Bangka Deres diluruskan agar tidak mengancam pemukiman warga.

Koordinator Aksi, Qorib, menjelaskan, saat ini kondisi tanggul Sungai Bangka Deres sudah sangat kritis dan mengancam pemukiman. Antara rumah warga dengan bibir sungai hanya menyisakan jarak satu meter.

“Jika tanggul Sungai Bangka Deres tidak segera diperbaiki, kami akan melancarkan aksi demo yang lebih besar lagi dan mengadukan permasalahan ini ke Presiden Jokowi,” tegas Qorib.

Sementara Kabag TU BBWS Cimanuk-Cisanggarung, Nana Supriyatna mengatakan, pihaknya memahami dengan keinginan warga. Perbaikan tanggul Sungai Bangka Deres sudah diusulkan ke pemerintah pusat.

“Namun karena belum ada realisasi dari pemerintah pusat, kami melakukan penanganan darurat dengan menumpuk karung dan pancang bambu. Walau begitu, pengajuan ke pemerintah pusat tetap dilakukan,” ujarnya.

Nana menambahkan, saat ini hampir 30 persen kondisi sungai Cimanuk-Cisanggarung dan anak sungai mengalami kerusakan terutama sedimentasi. Tidak kurang 600 titik kritis dianggap rusak dan perlu penanganan intensif terutama pengerukan.

“Kami masih menemui kendala terkait pendanaan. Kami harap perbaikan tanggul sungai segera terealisasi,” ungkapnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed