oleh

TPID dan P2TKD Kecamatan Mundu Monitoring Potensi di Desa-Desa

Citrust.id – Sebanyak 7 personel yang merupakan gabungan dari Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) Kecamatan Mundu laksanakan monitoring terhadap masing-masing Kuwu di wilayah pemerintahan kecamatan setempat.

Dalam lawatannya kali ini, tim gabungan tersebut menyambangi Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Senin (12/11/2018).

Ketua TPID, Ridwan mengatakan kegiatan monitoring dilaksanakan selama 2 bulan, yakni November dan Desember. Riset yang dilakukan ialah untuk menggali potensi yang dimiliki oleh suatu desa di Kecamatan Mundu khususnya.

“Kita adakan pembicaraan dengan kuwu desa setempat, kita cari tahu apa nih potensi yang dimiliki desa ini,” ungkap Ridwan kepada citrust.id saat ditemui di Kantor Desa Citemu, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, pihaknya akan melakukan riset lebih dalam terkait potensi yang dimiliki masyarakat terutama dibidang kewirausahaan, sumber daya manusia (SDM), serta infrastruktur.

“Nantinya hasil penelitian ini akan diserahkan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) untuk ditindaklanjuti,” tambah dia.

Lebih lanjut, Ridwan menilai masyarakat Kabupaten Cirebon memiliki banyak sekali potensi. Akan tetapi, mereka (masyarakat) tidak atau belum sepenuhnya terdaftar di Pemda Kabupaten Cirebon.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Ridwan berharap segala bentuk potensi baik dari setiap desa dapat terjaring secara menyeluruh. Hal ini juga menjadi langkah awal dalam membangun Kabupaten Cirebon menjadi lebih baik.

Sekadar info, Desa Citemu memiliki potensi penghasil alat tangkap rajungan dan rencana ke depan Desa setempat akan dilakukan pembenahan dalam hal ini, menjadi desa wisata bahari./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed