oleh

Tinjau Bandara Kertajati, Menhub Budi Karya Pastikan Penerbangan Haji 2018 dari BIJB

aitrades

Citrust.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Bandara International Jawa Barat (BIJB) yang terletak di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka, Rabu (04/04).

“Kami memastikan penerbangan haji tahun 2018 bisa dilakukan dari Bandara Kertajati, yang sudah fix jamaah haji minimal dari Kabupaten Sumedang dan Majalengka,” kata Budi Karya saat wawancara dengan awak media di areal Bandara Kertajati.

Dikatakan dia, pihaknya terus mendorong percepatan penyelesaian pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Rencananya bandara baru ini akan mulai beroperasi pada Juni tahun ini.

Dengan target operasi pada Juni 2018 dijelaskan Baitul bandara ini juga direncanakan akan menjadi bandara embarkasi haji asal Jawa Barat.

“Kami berupaya mendorong Bandara Kertajati ini nantinya akan menjadi bandara embarkasi haji pada musim haji tahun ini. Jadi calon jemaah haji asal Jawa Barat akan berangkat dari Bandara Kertajati, saat ini keberangkatannya masih dari Bandara Soekarno-Hatta,” jelas dia.

Sementara Dirut PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi dan menyiapkan ruangan apabila terjadi delay penerbangan Haji di Bandara Kertajati.

Dikatakan dia, progres pembangunan Bandara Internasional Kertajati saat ini, untuk sisi darat telah mencapai 91,07 % sedangkan untuk sisi udara telah selesai 100 %. Bandara ini memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan runway tersebut bandara ini telah dapat didarati pesawat sejenis Boeing 777.

“Pada 22 Januari 2018 telah ditandatangani Perjanjian Kerja Sama atau PKS Penyelenggaraan Jasa Kebandarudaraan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) antara Pemprov Jawa Barat, PT Bandara Internasional Jawa Barat dan PT Angkasa Pura II,” jelas Virda.

Virda juga mengatakan dengan adanya metropolitan Cirebon Raya, bandara Kertajati akan juga bisa diakses dari Jawa Tengah bagian barat, dan akan memberikan dampak ekonomi positif bagi kabupaten/kota di sekitarnya. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed