oleh

Tingkatkan Sinergi, BPJS Kesehatan Cirebon-UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama

Citrust.id – Sebagai upaya mengoptimalkan penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan bersinergi dengan berbagai pihak. Salahsatunya dengan UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III Cirebon.

Sinergitas itu ditandai dengan perjanjian kerjasama antara BPJS Kesehatan Cabang Cirebon dan UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III Cirebon di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Kamis (29/11).

Hadir dalam acara simbolis penandatanganan tersebut PPs. UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah III Cirebon Ludovicus Pratomo, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cirebon Dasrial serta Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Cirebon Ahdijana.

Pada kesempatan itu, Ahdijana menjelaskan, tujuan perjanjian kerjasama itu untuk mengoptimalkan sinergi dalam penegakan kepatuhan Program JKN-KIS dan meningkatkan kesadaran serta kepatuhan pemberi kerja selain penyelenggara negara.

Pada dasarnya, fungsi pengawasan yang masuk dalam lingkup kerja sama terbagi menjadi tiga, yakni memastikan badan usaha atau pemberi kerja mendaftarkan seluruh pekerjanya, memastikan badan usaha atau pemberi kerja melakukan pembayaran atas iuran BPJS Kesehatan dan memastikan badan usaha atau pemberi kerja memberikan informasi mengenai data pekerjanya secara lengkap dan benar.

‚ÄúPenandatanganan perjanjian kerjasama ini diharapkan mempu meningkatkan sinergi yang sebelumnya telah terjalin dan meningkatkan kepatuhan badan usaha dan pemberi kerja untuk mendaftarkan dirinya dan seluruh pegawainya serta membayar iuran Program JKN-KIS,” terang Ahdijana.

Sementara, Ludovicus Pratomo mengatakan, pihaknya menyambut baik ditandatanganinya perjanjian kerjasama tersebut.

Dia berharap sinergitas yang terjalin dapat memastikan seluruh pihak dalam hal ini badan usaha dan pemberi kerja untuk mematuhi ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku terkait Program JKN-KIS.

‚ÄúSinergitas sangat penting agar penyelenggaraan Program JKN-KIS dapat diimplementasikan dengan baik dan merata kepada seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan segmentasinya. Sinergi antar lembaga akan mampu mendorong penyelenggaraan Program JKN-KIS yang lebih optimal,” tegas Ludovicus. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed