oleh

Tingkatkan Kualitas, MTs Ma’arif Lakukan Akreditasi

Citrust.id – Persaingan dalam dunia pendidikan saat ini mengharuskan setiap lembaga pendidikan untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas pendidikannya. Demikian yang disampaikan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Ma’arif (MTs Ma’arif) Cikedung Drs H E Afief Alfiana M.Si dalam sambutan penerimaan tim Asesor Provinsi Jawa Barat di MTs Ma’arif Cikedung Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka.

Ia pun menambahkan periodesasi akreditasi sekolah merupakan salah satu jalan untuk mengevaluasi sejauh mana kualitas pendidikan di sebuah lembaga pendidikan.

“Alhamdulillah melalui akreditasi ini, lembaga kami bisa mengevaluasi perkembangan kualitasnya”, ujarnya, Kamis (15/11/2018).

Ketika ditanya kesiapan sekolah dalam menyambut hadirnya tim asesor, pria yang juga pengasuh pondok pesantren putri Darul Ma’arif Cikedung Maja ini menjelaskan sekolahnya sudah sangat siap dan tentunya setiap saat lembaganya terus berinovasi meningkatkan kualitas baik dari segi administrasi, sarana prasarana maupun proses pembelajaran serta pengembangan pendidikan siswanya.

“Melihat perkembangan setiap saatnya, rasanya MTs Ma’arif sudah sangat siap menghadapi akreditasi sekolah ini. Apalagi periode sebelumnya Akreditasinya mendapatkan nilai A. Tentunya tidak sulit dengan kondisi yang ada saat ini untuk tetap mempertahankan nilai tersebut”, jelasnya.

Di tempat yang sama salah satu Asesor, Dra H Siti Isyaroh M.Pd mengungkapkan bahwa dari segi penampilan dan sambutan awal dari MTs Ma’arif ini kelihatannya memang sudah sangat siap untuk melakukan akreditasi.

“Sejak kami datang, sambutan berbagai kreasi seni dan penampilan ekstrakurikuler anak didiknya bagus sekali dan penampilan fisik bangunan sekolahnya juga bagus. Rasanya MTs Ma’arif Cikedung Maja ini sudah siap untuk akreditasi”, ungkapnya.

Perempuan asal Kabupaten Subang ini juga menambahkan bahwa proses akreditasi ini akan meliputi berbagai apsek yang nantinya menjadi penilaian dan akan diputuskan melalui pleno oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN).

“Kami hadir akan menilai dan melihat semua aspek yang termuat dalam standar pendidikan dan nantinya akan merekomendasikan untuk diputuskan oleh (BAN). Jadi tugas kami memonitor apa yang ada disekolah ini disesuaikan dengan data laporan yang sudah dilaporkan sebelumnya”, tambahnya.

Ia berharap apa yang dilihat dan kesan pertama hadir di MTs Ma’arif Cikedung Maja ini akan sesuai dengan berbagai aspek yang akan dimonitoringnya.

“Kesan pertama kami cukup puas, begitu hadir ditunjukkan dengan kualitas bangunan dan suguhan kreasi siswa yang bagus. Semoga saja standar lainnya juga bagus, termasuk kesiapan administrasinya biar tetap mendapatkan nilai akreditasi A,” tukasnya.

Tampak dalam penyambutan Tim Asesor berbagai kreasi seni sunda yaitu upacara adat, tari kipas dan tari merak yang ditampilkan oleh siswa MTs Ma’arif yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Darul Ma’arif Cikedung Maja, KH. Ade Trisnomulyo, S.Ag, Ketua Komite Sekolah MTs Ma’arif Cikedung Maja, Drs. H. Trisnogomo, M.Ag dan seluruh Civitas Akademika MTs Ma’arif Cikedung Maja./abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed