oleh

Tiga Isu Besar Ancam Keutuhan Bangsa dan Umat Beragama

Citrust.id – Tokoh agama di Kota Cirebon, Buya Husein Muhammad, menyebutkan, Indonesia tengah diancam oleh tiga isu besar, yakni radikalisme, ekstremisme dan ujaran kebencian.

Buya Husein mengatakan, ketiga isu itu sudah mulai merambah ke masyarakat. Mayoritas masyarakat acap kali memiliki paradigma negatif terhadap sesuatu yang berbeda dengan pemahamannya.

Pendiri kampus ISIF Fahmina Cirebon itu menjeelaskan, doktrin-doktrin perpecahantumbuh bebas melalui media sosial.Pemahaman objektif masyarakat urgen dilakukan untuk memfilter segala bentuk informasi yang berpotensi memecah-belah.

“Ini menjadi kewajiban kita bersama. Seluruh komponen bangsa harus bersatu mencegah berkembangnya isu beragama itu,” tegasnya, Jumat (14/12/2018).

Husein mengungkapkan, masyarakat dahulu dengan sekarang sudah mengalami perbedaan yang signifikan. Di zaman sekarang mayoritas masyarakat terkesan sensitif jika bersinggungan dengan seseorang yang berbeda agama. Dahulu, meski dengan yang berbeda agama kerukunan bermasyarakat sangat terasa.

“Untuk itu diperlukan sinergitas semua elemen dalam menjaga keutuhan bangsa dan umat beragama dengan menerapkan prinsip-prinsip toleransi sedini mungkin,” jelasnya. /dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed