oleh

Ternyata Ini Penyebab Kecelakaan Maut Tol Cipali KM 150

Citrust.id – Kecelakaan maut yang menyebabkan 12 korban meninggal dunia dan puluhan luka berat dan ringan, terjadi di KM 150.900 Jalur B Tol Cipali pukul 01.00 WIB dini hari ternyata bukan disebabkan human eror/kesalahan pengemudi.

Peristiwa itu disebabkan adanya insiden pengambilalihan secara paksa kemudi bus oleh salah satu penumpang sesaat sebelum tragedi terjadi.

Menurut Kapolres Majalengka melalui Kasat Lantas Polres Majalengka AKP Atik Suswanti, Senin (17/6/2019),terduga pembajakan kemudi dilakukan penumpang berinisial S (29), warga Desa Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

“Kepada polisi, saksi S mengaku memaksa sopir untuk memberhentikan bus. Namun belum diketahui apa motif yang dilakukan S. Saksi S mengalami luka berat akibat kecelakaan tersebut,” ujarnya.

Dikatakan AKP Atik, informasi dari saksi yang dimintai keterangan, kericuhan antara terduga pembajak dan sopir bus Safari Lux Salatiga menyebabkan bus oleng dan menabrak dua unit kendaraan lain hingga menewaskan 12 orang.

Selain itu, Winda saksi mata yang berhasil selamat dari kecelakaan maut tersebut dirinya mengaku melihat seorang penumpang berusaha mengambil ponsel sopir dan mencoba merebut setir yang dikendalikan sopir sehingga terjadi perdebatan. Peristiwa itu menyebabkan kendaraan oleng ke kanan.

“Saksi Winda mengaku melihat seorang penumpang diduga hendak mengambil handphone milik sopir dan mengambil alih kemudi,” katanya.

Akibatnya bus masuk median, lalu menyeberang ke jalur B, sehingga menabrak mobil Innova dan Xpander.

Sementara itu, dari arah belakang bus, truk bermuatan ayam meluncur dan berusaha menghindari tabrakan, sehingga terguling masuk ke median jalan.

“Bus melaju ke jalur lambat B menabrak kendaraan Xpander dan menindih kendaraan tersebut,” tuturnya.

Sebanyak 12 orang tewas, 11 orang luka berat dan 32 mengalami luka ringan dalam kecelakaan ini.

Ada pun kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan ini adalah Bus Safari Lux Salatiga nomor polisi H 1469 CB, Mitsubishi Xpander nomor polisi B 8137 PI, Toyota Innova nomor polisi B 168 DIL dan truk Mitsubishi R 1436 ZA. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed