oleh

Tabligh Akbar SMAN 1 Sumber Perkuat Wawasan Keagamaan

Citrust.id – SMA Negeri 1 Sumber mengadakan Tabligh Akbar Smanis 3 (TAZ3) dalam rangka memperingati Isra Mikraj, Sabtu (13/4/2019), di sekolah setempat.

Ketua Pelaksana TAZ3, Farhan Maulana Iqbal, mengatakan, TAZ3 digelar selama dua hari, 12-13 April 2019. TAZ merupakan hasil kerja sama atau kolaborasi antara Rohis dan OSIS SMAN 1 Sumber.

“TAZ3 menghadirkan K.H. Buya Syakur yang memberikan tausiah keagamaan. Selain itu, ada motivator yang juga alumni, Egi Gustiana Putra, yang membahas kepemimpinan,” jelasnya.

Farhan mengungkapkan, Tabligh Akbar Smanis sudah tiga kali digelar sejak 2006. Tahun ini, TAZ3 mengusung tema Kepemimpinan Rasulullah Sebagai Contoh Pemuda Bangsa.

“Tema tersebut selaras dengan pesta demokrasi yang akan di Indonesia. Beberapa hari ke depan berlangsung Pemilu 2109 untuk memilih pemimpin bangsa,” ujarnya.

Ketua OSIS SMAN 1 Sumber, Nur Rohmah, memaparkan, TAZ3 berbeda dengan sebelumnya. Pada pelaksanaan yang pertama ada sunatan massal dan pelaksanaan kedua mengundang motivator nasional.

“Pada TAZ3 ada lomba Marawis, Hadroh, dan Rebana (MHR) tingkat SMA. Selain itu, ada Bazaar kelas. Setiap kelas membuka bazaar makanan dan minuman tradisional. Bazaar tersebut sekaligus melatih siswa berwirausaha,” terangnya.

Kepala SMAN 1 Sumber, H. Tedi M.Pd., menuturkan, dirinya mewakili pihak sekolah sangat mengapreasiasi penyelenggaraan Tabligh Akbar Smanis 3.

“Kegiatan ini dikelola Rohis dan OSIS. Kami pihak sekolah berperan memberikan arahan dan bimbingan,” ucapnya.

Menurut Tedi, TAZ3 dikemas menarik dan profesional. Apalagi TAZ3 melibatkan SMA lain dengan lomba Marawis, Hadroh, dan Rebana.

“Hal itu merupakan nilai positif dan prestasi yang membanggakan. Melalui kegiatan ini, diharapkan meningkatkan pemahaman dan nilai-nilai keagamaan para siswa,” jelasnya.

Senada, Ketua Komite Sekolah, H. Ikhwani, mengungkapkan, Tabligh Akbar Smanis 3 merupakan salah satu kegiatan siswa dalam memperingati hari besar keagamaan.

“Saya sebagai Komite Sekolah sekaligus orang tua siswa sangat mendukung. Melalui kegiatan ini, harapkan wawasan keagamaan para siswa makin bertambah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Sumber periode 2014-2015, Drs. H. Bahrudin, M.M., mengatakan, Tabligh Akbar Smanis 3 merupakan salah satu refleksi pembinaan keagamaan yang sering diadakan SMAN 1 Sumber.

“Kegiatan ini sebagai sarana membangun pengetahuan akademis keislaman dan membentuk karakter atau akhlak para siswa,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed