oleh

Stikom Poltek Cirebon Siap Hadapi Tantangan di Era Digital

Citrust.id – Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (Stikom) Poltek Cirebon siap menjawab tantangan di era teknologi seperti saat ini. Stikom Poltek Cirebon juga senantiasa membangun sinergitas antara dosen, pakar dan mahasiswa.

Demikian dikatakan Pembantu Ketua Bidang Akademik, Otong Saeful Bahri SKom MM MKom, pada Workshop Robot Cerdas Berbasis Smartphone, di auditorium kampus setempat, Sabtu (27/1).

Dikatakan Otong, workshop tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap pengembangan kurikulum yang ada di Stikom Poltek Cirebon, salah satunya kurikulum Artificial Inteligent (AI).

“Kami berharap ke depan bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas, khususnya dalam bidang ilmu robotik,” katanya.

Selain bidang ilmu robotik, imbuh Otong, ada juga bidang publikasi internasional. Pihaknya tengah menggalakkan berbagai publikasi atau penelitian untuk diekspos hingga ke luar negeri.

Tahun ini, Stikom Poltek Cirebon sudah memasukan lima jurnal internasional yang siap dipublikasikan dalam beberapa bulan ke depan.

“Hal itu menunjukan bahwa kami adalah perguruan tinggi yang berkualitas, mempunyai kompetensi unggul dan berani bersaing dengan perguruan tinggi nasional maupun internasional,” tegasnya.

Sementara, pembicara workshop tentang robot cerdas, Faisal Akbar SKom MT dari ITB, menjelaskan, smartphone android bisa mengendalikan robot dengan kecerdasan buatan atau Artificial Inteligent (AI).

Robot yang diciptakan akan sesuai dengan keinginan atau fungsionalitasnya. Misal, quadcopter atau drone, robot detektor warna dan lengan robot yang semuanya dikendalikan smarphone android.

Akbar mengungkapkan, minat mahasiwa terhadap ilmu robotik dari tahun ke tahun makin meningkat. Apalagi saat ini adalah era digital, sehingga informasi mudah didapat dan memacu untuk berkreasi melalui robotik.

“Tujuan akhir dari ilmu robotik adalah ingin membantu meringankan tugas manusia,” katanya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed