oleh

SMK Budi Bhakti Gelar Festival Seni Budaya Lokal

aitrades

Citrust.id – Sebagai bagian dari upaya melestarikan budaya lokal, SMK Budi Bhakti Mandirancan, Kabupaten Kuningan menggelar Festival Seni Budaya Lokal di halaman sekolah setempat, Selasa (12/12).

Acara tersebut mendapat apresiasi dari warga dan aparat desa setempat. Tidak sedikit warga yang masuk ke dalam lingkungan sekolah untuk menikmati rangkaian acara yang disuguhkan.

Kepala Sekolah SMK Budi Bhakti Mandirancan, Juariah, menjelaskan, rangkaian kegiata Festival Budaya Lokal dikelola oleh siswa. Pelaksana utamanya adalah OSIS. Guru berperan sebagai pendamping untuk melatih manajemen dan kepemimpinan.

“Kegiatan ini juga sebagai akselerasi program pemerintah melalui Dinas Pendidikan tentang akselerasi antara dunia pendidikan dengan dunia industri,” kata Juariah.

Seksi Acara Festival Seni Budaya Lokal, Selvi, mengungkapkan, sedikitnya 750 siswa mulai kelas X- XII berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Para peserta menampilkan seni budaya lokal yang berada di lingkungan tempat tinggalnya, seperti gamelan, calung, angklung, rampak sekar dan tarian tradisional. Jajanan dan kuliner khas daerah local pun turut dipamerkan.

Selvi menambahkan, ke depan acara serupa akan menjadi agenda rutin tahunan OSIS SMK Budi Bhakti Mandirancan. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan para siswa jadi lebih kreatif dan turut melestarikan budaya sendiri agar tidak punah.

“Kalau bukan kita yang melestarikan budaya, siapa lagi?” pungkasnya. /Haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed