oleh

Serah Terima Ubo Rambe dari Kesultanan Yogyakarta Pada Kuncen Hargo Merapi

aitrades

Citrust.id – Serah terima Ubo Rambe yang dilakukan oleh rombongan Keraton Nyogyakarta Hadiningrat kepada Kuncen Hargo Merapi Suraksohargo Alias Mas Asih putera Mendiang Mbah Maridjan di Kecamatan Cangkringan, Sleman melibatkan Camat Mustadi.

Dalam serah terima tersebut kepala Kecamatan Cangkringan menyatakan terimakasih kepada kehadiran dari karton Yogyakarta, sementara itu perwakilan dari rombongan Yogyakarta menyatakan bahwa acara labuhan yang dilakukan kali ini dapat memberikan berkah kepada masyarakat Cangkringan dan menjadi berkah Sultan Hamengkubuwono X,” Semoga menjadi berkah buat masyarakat Cangringan dan Sri Sultan Hamengkubuwono X,” Ujar Abdi Dalem Kesultanan (16/04/2018) diwartakan Tribun.

Ubo Rape adalah ritual jawa sebuah penyerahan Lauk pauk atau pelengkap yang berupa makanan dalam sesaji atau sajen. Lauk pauk disajikan sebagai sajen untuk menemani hidangan lain dalam sajen seperti tumpeng. Lauk pauk yang disajikan dalam sajen melambangkan ungkapan syukur manusia kepada Tuhan yang memberi hidup. Dalam tradisi Jawa dikenal beberapa lauk pauk untuk ubo rampe sajen seperti ingkung, pecel ayam, ketan salak, bedak dingin dan parem. /sw

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed