oleh

Selain Berziarah, 7 Sumur Ini Menjadi Primadona di Situs Makam Sunan Gunungjati

Citrust.id – Kurang lengkap rasanya apabila berkunjung ke situs sejarah Makam Sunan Gunungjati tidak menyambangi 7 Sumur yang konon dianggap keramat dan berkhasiat memulihkan kesehatan, kesejahteraan hidup, hingga urusan asmara, dan penghasilan.

“Ini kepercayaan warga setempat. Bahkan pengunjung dari berbagai kota pun mempercayai hal tersebut dikarenakan ketujuh sumur ini dibuat dan sering digunakan langsung oleh para Wali,” ungkap salah seorang pengurus sistus Makam Sunan Gunungjati yang enggan disebutkan namanya kepada citrust.id di lokasi wisata religi setempat, Minggu (25/11/2018).

Pantauan citrust.id di lokasi tersebut, terlihat ratusan pengunjung dari berbagai kota di Indonesia silih berganti menguji kekhasiatan 7 sumur yang selama ini beredar. Tidak hanya meminum langsung air sumur, sebagian besar dari mereka bahkan ada yang terjun berendam di mata airnya. Berikut ke tujuh sumur keramat tersebut:

1. Sumur Jalatunda
Sumur Jalatunda dipercaya memiliki makna bahwa manusia ketika hendak melakukan suatu perbuatan baik janganlah ditunda-tunda, karena kita tidak tahu kapan akan meninggal dunia dan menghadap Sang Pencipta.

2. Sumur Kejayaan
Sumur ini dipercaya dapat bertuah keselamatan dan perlindungan diri dari berbagai bentuk serangan jahat dan nasib buruk. Terlebih sumur ini memiliki makna, barang siapa yang hendak menjauhkan diri dari segala kemaksiatan dan hanya berpegang teguh kepada Allah SWT berarti orang tersebut akan jaya.

3. Sumur Tingangpati
Sumur ini dipercaya masyarakat sekitar sebagai sumur penghilang sifat-sifat buruk seperti dengki, riya, ujub, sombong, dan lain-lain.

4. Sumur Kemuliaan
Secara maknawi sumur ini adalah gabungan dari ketiga sumur sebelumnya, yakni Sumur Jalatunda, Sumur Tingangpati, Sumur Kejayaan. Dimana seseorang yang mendalami ketiga unsur tersebut akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

5. Sumur Jatimulya
Arti kata jatimulya juga bisa diartikan sebagai hakikat. Dalam artian, manusia selain hidup sebagai makhluk jasad/fisik, manusia juga sebagai makhluk batin/ruhaniah. Dimana dalam berkehidupan mereka tidak hanya berperan dihadapan sesama, melainkan di hadapan Allah SWT juga.

6. Sumur Kasepuhan
Sesuai namanya, sumur ini berarti sumur yang sudah tua atau sepuh yang memiliki berkah sebagai wasilah pemberi perlindungan dan pemenuhan berkah. Adapun karakter tua ini bisa dianalogikan sebagai teladan dan kepemimpinan, sehingga tidak heran jika mendekati pemilu seperti sekarang sumur setempat sering dikunjungi oleh para caleg yang akan bertarung nantinya.

7. Sumur Kanoman
Berbeda dengan Sumur Kasepuhan. Sumur Kanoman berarti sumur yang muda, dimana sifat yang melekat pada sumur ini ialah sifat rendah hati dan tawadhu yang jauh dari sifat-sifat adigung seperti takabur, sombong, dan lain-lain.

“Apalagi jika menjelang moment-moment besar. Ketujuh sumur ini akan sesak oleh pengunjung yang berebut mengalap berkah dari setiap sumurnya. Anehnya lagi ketujuh sumur ini tidak pernah mengering meski pada musim paceklik panjang,” tandas dia./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed