oleh

Sebulan Jelang Ramadan, Harga Telur di Majalengka Tembus Rp24 Ribu per Kilogram

Citrust.id – Kurang lebih sebulan menjelang bulan puasa Ramadhan sejumlah komoditas bahan pokok mulai mengalami kenaikan harga di sejumlah pasar tradisional di Majalengka.

“Yang paling melejit kenaikannya harga telur ayam, dari Rp21 Ribu/kg menjadi Rp25 ribu/kg,” ungkap Enih (45), salah seorang pedagang sembako di pasar tradisional Talaga Kabupaten Majalengka, Rabu (25/04).

Enih mengatakan, kenaikan harga tersebut sudah dari pemasoknya dengan alasan harga dari peternak juga mengalami kenaikan.

“Namun jangan khawatir stok masih banyak,” ungkap dia.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional, komiditas sayuran yang harganya terus naik diantaranya adalah bawang merah, cabai rawit, cabe merah, kacang kedelai dan kacang tanah.

“Dalam sebulan terakhir, sejak musim hujan sebulan yang lalu kenaikan harga sayuran mulai dirasakan, beberapa komoditi sayuran seperti cabe merah, bawang merah, kacang panjang, tomat dan kol naik hingga 10 persen,” ujar Titin (47), salah seorang pedagang sayur di pasar Tradisional Talaga.

Titin mengatakan, naiknya harga sejumlah komoditi sayuran dipicu karena kebun sayuran pada musim hujan, menyebabkan sayuran cepat membusuk sehingga hasil panen tidak maksimal.

“Curah hujan tinggi menyebabkan panen tidak maksimal dan stok sayuran terbatas, sehingga harga sayuran di pasaran cepat naik,” ungkap Titin yang mengaku sudah 15 tahun berdagang sayur ini.

Berdasarkan pantauan di pasar Tradisional Talaga dan Pasar Tradisional Cikijing, kenaikan harga beberapa komoditi sayur mayur hampir merata. Harga cabe merah sebelumnya Rp25 ribu per/kg naik menjadi Rp26.750 per kilogram, Bawang Merah naik menjadi Rp16.250 per/kg dari sebelumnya Rp14.250 per/kg. Cabe Rawit sebelumnya Rp 16.250 per/kg, naik menjadi Rp17.250 per/kg. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed