oleh

Sebagai Mitra Polri, Satpam Dituntut Lebih Profesional

Citrust.id – Pada masa Kapolri Jendral Polisi (Purn) Alm. Awaloedin Djamin, ia mengeluarkan SK Kapolri Nomor SKEP/126/XII/1980 tanggal 30 Desember 1980 tentang pola pembinaan satuan pengamanan (satpam). Sejak saat itu, tanggal 30 Desember diperingati sebagai hari lahirnya Satpam Indonesia.

Berdasarkan hal itu, jajaran Polres Majalengka menggelar upacara HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke-38 di halaman mapolres setempat, Rabu (6/2/2019).

Kegiatan itu mengusung tema “Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia Guna Mendukung Polri Dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”. Dalam kesempatan tersebut juga digelar santunan dan bakti sosial donor darah serta menampilkan ketangguhan personel Satpam

Upacara HUT ke-38 Satpam dihadiri Kapolres Majalengka AKBP Mariyono, Wakapolres Kompol Hidayatullah, Bupati Majalengka H Karna Sobahi beserta unsur Forkopimda Majalengka serta seluruh Satpam yang bertugas di Kabupaten Majalengka.

Sebagai inspektur upacara, yakni Kapolres AKBP Mariyono yang membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Kapolres mengatakan, sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan amtibmas, satpam dituntut semakin profesional.

Dalam implementasinya, personel satpam harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

“Dengan demikian, eksistensi satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing,” kata AKBP Mariyono.

Dijelaskannya, untuk mewujudkan postur aatpam yang semakin unggul dan profesional, diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal. Di antaranya proses perekrutan yang selektif serta peningkatan kapasitas yang berkualitas, baik pada kualifikasi Gada Pratama, Gada Madya, maupun Gada Utama.

“Upaya ini membutuhkan kerja sama sinergis dan simultan dari segenap pemangku kepentingan yang berkecimpung dalam bidang industrial security,” tegas Kapolres.

Sementara, Ketua Panitia HUT Satpam ke-38, Tirta Wirahman mengungkapkan, pihaknya berharap, dengan usia yang ke-38, satpam semakin tangguh dan profesional.

“Dengan demikian, kamtibmas di wilayah hukum Polres Majalengka senantiasa terjaga dengan baik,” ungkapnya. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed