oleh

Santri Ponpes Babakan Ciwaringin Gelar Bola Api dan Mandi Petasan

Cirebontrust.com – Dalam menyambut bulan suci Ramadhan seperti biasa secara rutin setiap tahun, digelar di pondok pesantren  Babakan-Ciwaringin Kabupaten Cirebon menggelar Akhilul Sanah, Selasa (09/05) malam.

Kegiatan itu diisi dengan menggelar sepak bola api, serta mandi petasan yang merupakan acara puncak rutinitas pondok pesantren menyambut bulan puasa.

Di lakukan kegiatan tersebut  para siswa Madrasah Aliah Akhikamus Salafiah murid kelas 1 sampai kelas 2. Dengan sebelumnya melakukan ritual khusus dengan berpuasa selama 21 hari agar dalam permainan sepak bola api dan mandi petasan mendapatkan keselamatan.

“Permainan bola api dan atraksi lainnya seperti mandi petasan merupakan tradisi pondok pesantren Babakan Ciwaringin yang sudah di lakukan dari dulu, karena sejak dulu permainan sepak bola api dimainkan sebagai bentuk siar islam bahwa kekebalan pada api itu bukan untuk kesombongan tapi untuk pembelajaran diri bahwa ketakwaan kita harus di tingkatkan melalui permainan ini,” kata Baequni ketua panitia pelaksana.

Menurutnya kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh para wali santri ponpes Babakan Ciwaringin dari seluruh Nusantara.

Dalam kegaitan siar islam menyambut bulan suci itu sebanyak 3 item atraksi di tampilkan pada acara itu seperti main bola api, permainan tongkat api, dan mandi petasan.

“Seperti biasa para santri, mereka sudah berpuasa dengan mendekatkan diri kepada Allah. Atraksi di ikuti para santri yang sudah profesional dan sudah melakukan tirakat khusus selama 21 hari,” ungkapnya. (Sukirno Raharjo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed