oleh

Sambut Malam Takbir, Warga Sindangkasih Gelar Pawai Obor

Citrust.id – Warga Kelurahan Sindangkasih, Lingkungan Dukuhlawi, mempunyai cara unik dalam menghadapi menyambut malam takbir. Kegiatan itu merupakan tahun kedua yang dilaksanakan Karang Taruna Lingkungan Dukuhlawi bersama Ikatan Remaja Musala Al-Hidayah. Mereka menggelar pawai obor mengelilingi Kelurahan Sindangkasih.

Ketua Pelaksana, Edi Apriadi, mengatakan, kurang lebih 200 obor diarak oleh orangtua, pemuda dan anak-anak, Selasa(4/6/2018) malam.

Pawai obor dan takbir keliling itu mempunyai filosofi yang sangat dalam. Api obor mempunyai makna cahaya yang akan menerangi setiap muslim yang telah melewati satu bulan penuh berpuasa menahan diri dari makan, minum, dan segala hawa nafsu yang dapat membatalkanya.

Sedangkan pawai merupakan simbol eratnya silaturrahim dan kekeluargaan antara sesama umat muslim, umat manusia, umat sebangsa dan setanah air yang disertai dengan ucapakan kalimat toyibah.

“Jika kerukunan antara umat beragama harus tercipta demi terwujudnya masyarakat adi makmur. Maka kerukunan bertetangga, bersosial, dan sikap tenggang rasa harus tercipta demi terwujudnya masyarakat yang kreatif dan inovatif. Jika dia sebagai masyarakat, maka harus peduli terhadap sesama. Jika dia seorang pejabat maka harus peduli pada rakyat/masyarakatnya,” ujarnya.

Dikatakan dia, Islam telah mempertemukan antara paham kapitalis dan sosialis dalam suatu konsep yang disebut zakat sebagai bentuk cerminan untuk berbagi terhadap sesama. Oleh karenanya, rasa persaudaraan dalam Islam sangat diperhatikan demi kemaslahatan bersama.

Edi Apriadi selaku ketua pelaksana sekaligus pencetus ide gagasan kegiatan itu menyampaikan, kegiatan itu bertujuan untuk membangun giroh semangat kaum remaja Sindangkasih agar lebih bergairah lagi dalam hal kegiatan positif.

Edi yang juga mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu berharap, tahun-tahun berikutnya kegiatan itu bisa kembali digelar dan lebih melibatkan seluruh warga Sindangkasih agar lebih meriah

Lurah Sindangkasih, Bendi Supriadi, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi takbir keliling. Kegiatan itu sangat positif untuk syiar Islam.

“Semoga dengan terlaksananya kegiatan pawai obor dan takbir keliling ini dapat memberikan hal positif bagi tiap individu, warga mauupun pemerintahan setempat,” pungkas dia. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed