oleh

Ridwan Kamil akan Sulap Waduk Darma, Ini Konsepnya

Citrust.id – Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi Obyek Wisata Waduk Darma di Kecakatan Darma Kabupaten Kuningan, Minggu (25/03). Kang Emil sapaan akrabnya, menyempatkan diri keliling waduk dengan menggunakan perahu, sembari melukis maket revitalisasi pembangunan Waduk Darma.

Sketsa tersebut dibuat dalam waktu singkat. Eksplorasi arsitek goresan tanganya menggambarkan Waduk Darma dalam perspektif komodifikasi. Diantaranya ada alun-alun tepi air, restoran apung, land mark ala eiffel tower yang muncul dari air. Ada juga resort yang vernakular, keramba ikan ala kampung tradisional, arena jetsky dan perahu romantis.

Sketsa maket revitalisasi tersebut dibuat Emil sambil berkeliling mengesplor potensi Waduk Darma sebagai destinasi wisata. Peluang pariwisata di Kabupaten Kuningan menurutnya sangat tinggi, seiring pembangunan infrastruktur seperti Bandara International di Kertajati Kabupaten Majalengka, akses jalan tol dan progres pembangunan nasional lainnya.

“Dengan konsep revitalisasi Waduk Darma akan menampilkan konsep berbeda tentang wisata alam. Ini akan menjadi magnet pariwisata. Apalagi jarak Kabupaten Kuningan dari bandara Kertajati hanya ditempuh kurang dari satu jam. Tidak hanya wisatawan domestik tapi juga wisatawan asing yang datang Waduk Darma,” kata Emil yang didampingi relawan Barka Kabupaten Kuningan.

Revitalisasi Waduk Darma menurutnya, tentu akan dibangun atas dasar kebutuhan dan keterlibatan masyarakat setempat, pembangunan daerah dan Jawa Barat. “Perlu komunikasi yang intensif dengan pemerintah serta masyarakat setempat, agar mereka juga dapat terlibat memelihara dan menikmati hasil dari destinasi wisata unggulan ini,” pungkasnya. /red

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed