oleh

Ribuan Warga Rawaurip Gelar Demo Menyoal Tanggul Longsor, Ini Respons BBWSCC

Citrust.id – Ribuan warga Desa Rawaurip, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon menggeruduk kantor Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWSCC) di Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Rabu (30/05).

Dalam aksi tersebut, masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Masyarakat Penyelamat Lingkungan Kalibangka (Gempala) menuntut BBWSCC, agar segera memperbaiki tanggul yang longsor di Sungai Bangka Deres.

Pasalnya, tanggul longsor dengan panjang 1 kilometer itu mengancam pemukiman penduduk. Ada puluhan rumah ditiga blok, yakni Pon, Kliwon dan Wage Kalibangka yang terancam ambruk, jika tanggul longsor itu tidak segera diperbaiki.

“Kami minta Sungai Bangka Deres diluruskan dan segera perbaiki tanggul yang longsor lebih dari 1 kilometer. Karena jarak tanggul longsor dengan rumah hanya tinggal satu meter,” tegas Qorib Magelung Sakti, koordinator aksi.

Meski aksi yang dilakukan pada siang hari saat puasa, tidak menyurutkan semangat massa aksi dalam menyuarakan tuntutannya. Aksi yang diikuti hampir mayoritas warga Rawaurip itu tak sia-sia, tuntutan mereka langsung direspons pihak BBWSCC.

Perwakilan BBWSCC langsung menemui massa aksi, dan berjanji segera dalam satu minggu akan turun menangani tanggul longsor itu secara darurat terlebih dahulu, hingga nantinya akan dilakukan pembangunan jangka panjang secara permanen ditahun depan. /riky sonia‎

Info Seminar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed