oleh

Relawan PMI Kota Cirebon Siap Bantu Korban Bencana Alam

Citrust.id – Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Palang Merah Indonesia (PMI), PMI Kota Cirebon mengadakan jalan sehat kemanusiaan, Minggu (7/10). Sebagian hasil penjualan kupon jalan sehat itu akan didonasikan untuk korban bencana alam.

Ditemui Citrust.id, Kepala Markas PMI Kota Cirebon, Atikah, mengungkapkan, sebenarnya HUT PMI diperingati tiap 17 September, namun baru terlaksana hari ini. Pasalnya, sejak awal September lalu, PMI disibukkan dengan kegiatan kemanusiaan terjun ke lokasi bencana alam di sejumlah daerah di Indonesia.

Atikah menjelaskan, PMI Kota Cirebon saat ini memiliki dua ribu relawan. Paling banyak adalah relawan Donor Darah Sukarela (DDS). Masyarakat yang mendonorkan darahnya berarti sudah jadi relawan PMI.

Ada juga relawan sistematis, seperti Palang Merah Remaja (PMR) yang jumlahnya tidak kurang dari seribu orang, mulai dari pelajar tingkat SD hingga SMA.

“Selain itu, ada relawan PMI tingkat perguruan tinggi dan umum yang berjumlah sekitar 300 orang,” katanya.

Dikatakan Atikah, secara berkala, PMI kerap mengadakan pelatihan bagi relawan. Tahun ini saja ada tiga agenda pelatihan relawan. Mulai dari Pendidikan dan Latihan (Diklat) untuk anggota PMR yang dijadwalkan digelar bulan ini.

Bulan depan dilaksanakan pelatihan Satuan Penanggulangan Bencana (Satgana) yang menggali kemampuan tentang penanggulangan bencana. Selanjutnya diklat Pembina PMR yang akan digelar Desember.

Atikah menambahkan, relawan PMI selalu siap diterjunkan ke lokasi bencana. Misal, tiap ada bencana seperti kebanjiran dan kebakaran di Kota Cirebon, relawan PMI selalu membantu.

“Kami juga punya Posko PMI yang siaga 24 jam dan langsung bergerak jika menerima info bencana,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed