oleh

Rawan Bencana, Kabupaten Cirebon Dilintasi Sesar Baribis

Citrust.id – Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman menyatakan, ada 6 Kecamatan di Kabupaten Cirebon yang terindikasi terlintas oleh Sesar Baribis Cirebon, di antaranya Kecamatan Dukupuntang, Greged, Beber, Sedong, Susukan Lebak, Waled, dan sekitarnya.

Menurutnya, Sesar tersebut tergolong cukup berbahaya, karena apabila terjadi gempa bisa mengakibatkan longsor dan lebih parahnya akan menimbulkan pergerakan tanah.

“Untuk gempa ini kan tidak bisa diprediksi, kapan akan terjadi dan skalanya berapa,” ungkapnya kepada citrust.id di sela-sela sosialisasi siaga bencana gempa di Aston Hotel, Kabupaten Cirebon, Sabtu (6/10/2018).

Selain itu, kata Eman, berdasarkan gempa berskala 3,3 skala ritcher (SR) yang belum lama terjadi adalah patokan, bahwa bukan hal tidak mungkin suatu saat dapat terjadi kembali gempa di Wilayah Cirebon.

“Yang menjadikan risiko bencana lebih besar ialah karena kita mempunyai Sesar Baribis ini,” terangnya.

Sementara itu, lanjut Eman selain bencana gempa, Kabupaten Cirebon sekarang ini tengah dilanda bencana kekeringan ekstream, kebakaran, angin kencang, dan kemungkinan dalam waktu dekat akan terjadi pula bencana banjir seiiring dengan perubahan musim dari musim kemarau ke penghujan./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed