oleh

Ratusan Baling-Baling Menantang Angin di Festival Kolecer Desa Cengal

Citrust.id – Sebanyak 100 kolecer (baling-baling bambu) dari berbagai komunitas di Kabupaten Majalengka mengikuti Festival Kolecer di Desa Cengal, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Rabu (12/6/2019).

“Terpasang 100 kolecer. Pesertanya dari Majalengka dan umum. Peserta dari luar kota tidak ada,” kata Ketua Panitia, Taufik Hidayat alias Uwa Geblug.

Dikatakan dia, festival digelar sampai 16 Juni 2019. Ada juga kegiatan donor darah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Majalengka.

Taufik mengatakan, Festival Kolecer bertujuan untuk silaturahmi dan menjaga permainan rakyat yang sudah terlupakan. Keterkaitannya sangat kuat karena Majalengka adalah Kota Angin dengan anginnya yang kencang.

Kepala Desa Cengal mengatakan, dirinya sangat mendukung Festival Kolecer yang menantang angin. Kebetulan Majalengka adalah Kota Angin

Camat Maja, Arif Daryana, mengungkapkan, ada banyak ikon atau potensi desa di Kecamatan Maja yang belum terpetakan. Contohnya program Desa Kertabasuki Caang Baranang, termasuk Desa Cengal dan Desa Nunuk yang akan dikembangkan menjadi Desa Budaya

“Hari ini akan dilakukan survei jalan alternatif untuk antisipasi kemacetan saat arus mudik dan balik kemarin dengan Dinas BMCK,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka, Gatot Sulaeman, sangat mendukung Festival Kolecer.

“Kegiatan ini akan menjadi magnet wisata Majalengka dengan berbagai potensi wisata budaya, termasuk di Desa Cengal dan Desa Nunuk,” ujarnya. (Abduh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed