oleh

Rasakan Manfaat Lebih dari 5 Tahun, Achmad Ferhadi Bersyukur Ada JKN-KIS

Citrust.id – Cuci darah atau Hemodialisis (HD) menjadi prosedur khusus bagi para pasien gagal ginjal dengan menggunakan mesin dialisis. Bagi pasien Hemodialisis, aktifitas cuci darah merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan.

Ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan. Saat kondisi itu terjadi, kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak ditangani

Cuci darah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk satu kali menjalani cuci darah, pasien gagal ginjal harus membayar biaya pelayanan Rp850 ribu hingga Rp1 juta. Biaya tersebut belum termasuk biaya lainnya apabila memerlukan obat-obatan atau perawatan tambahan lainnya di rumah sakit.

Pasien gagal ginjal merasa khawatir akan biaya besar yang mungkin dikeluarkan. Akan tetapi, kekhawatiran itu sirna bagi para pasien gagal ginjal yang menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Program JKN-KIS menanggung penuh biaya cuci darah pasien gagal ginjal.

Seperti dirasakan Achmad Ferhadi, 57 tahun, warga Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Ia seminggu dua kali harus menjalani cuci darah di Rumah Sakit Pelabuhan, Kota Cirebon. Pria yang telah menjalani cuci darah lebih dari 5 tahun itu dengan senang hati berbagi pengalaman menggunakan Kartu JKN-KIS yang ia miliki.

“JKN-KIS banyak membantu, Alhamdulilah puas. Nyaman pokoknya berobat menggunakan JKN-KIS di Rumah Sakit Pelabuhan ini. Dokter dan perawatnya juga baik-baik. Bahkan, mereka sudah saya anggap seperti keluarga sendiri,” tuturnya, Rabu (13/3/2019).

Pria yang merupakan seorang pensiunan perusahaan umum Badan Urusan Logistik (Bulog) itu merasa bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS. Ia merasa sangat terbantu dengan adanya program yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan itu.

Sebagai seorang pasien cuci darah, Achmad Ferhadi berbagi pesan kepada pasien cuci darah lainnya agar dapat menerima dengan ikhlas, tidak perlu banyak pikiran serta tidak boleh putus asa akan kondisi yang dialami.

Achmad Ferhadi juga menyampaikan pesannya kepada masyarakat yang belum mendaftarkan diri dan bergabung sebagai peserta JKN-KIS agar segera mendaftarkan dirinya. Banyak sekali manfaat yang didapat setelah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Segera daftar BPJS Kesehatan. Jangan hanya daftar ketika perlu saja dan tidak lagi bayar saat sudah sembuh. Jangan lupa bayar iuran juga karena iuran yang dibayarkan membantu peserta lain yang membutuhkan” tutup Achmad Ferhadi. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed