oleh

Puskesmas Jadi Lini Terdepan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Citrust.id – Seluruh komponen masyarakat diminta mengedepankan semangat melayani untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat tinggi.

Demikian dikemukakan Pj Walikota Cirebon, Dedi Taufik, pada upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 tahun 2018 di halaman Rumah Sakit Gunung jati, Senin, (12/11/2018).

Diakui Dedi, saat ini sejumlah permasalahan kesehatan masih terjadi di Kota Cirebon. Seperti masih tingginya angka kematian ibu serta penyebaran sejumlah penyakit baik menular maupun tidak menular.

“Semuanya harus segera diselesaikan untuk meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa datang,” katanya.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon, lanjut Dedi, telah berupaya maksimal untuk melindungi dan melayani kesehatan warganya. Antara lain dengan mendekatkan akses pelayanan kesehatan melalui perlindungan finansial.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah menganggarkan jaminan kesehatan bagi 107.248 masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI). Selain itu, Pemda Kota Cirebon meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) pada 2017 lalu.

Dedi juga mengingatkan kepala OPD, camat, lurah, dan kepala puskesmas untuk menjadikan puskesmas sebagai lini terdepan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Mereka harus mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan dasar masyarakat secara tuntas di tingkat puskesmas,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed