oleh

Pusaka Sunda dari California Amerika Serikat Tampil di Majalengka

Citrust.id – Ratusan masyarakat dari berbagai pelosok Majalengka memenuhi aula Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka, untuk menyaksikan Pagelaran Degung Grup Pusaka Sunda dari California Amerika Serikat.

Ketua Pelaksana yang juga ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Majalengka (Dekkma) Asikin Hidayat, menerangkan Grup Pusaka Sunda merupakan Grup Kesenian yang didirikan oleh Burhan Sukarma dan istrinya, Rae Ann Sthal, pada 1988 di California Amerika Serikat. Semua anggotanya merupakan warga Amerika Serikat.

Selama tiga dasawarsa, Burhan bersama teman-temannya telah melahirkan banyak murid dan mengadakan pertunjukan di pelbagai kota di Amerika.

“Penampilan Pusaka Sunda di Indonesia adalah Pertama kalinya pada saat ini sejak 30 tahun didirikan,” jelas Asikin seusai gelaran konser, Senin (30/07).

Asikin menjelaskan dalam waktu 10 hari ini di Indonesia, mereka mengadakan workshop di ISBI Bandung, Pertunjukan di Taman Budaya serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka.

“Kehadiran mereka di Majalengka mudah-mudahan memberikan spirit bagi kita untuk senantiasa melestarikan budaya sunda. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah ikut serta mensukseskan acara ini,” katanya.

Setda Kabupaten Majalengka Ahmad Sodikin, mengajak kepada masyarakat yang hadir untuk bersama-sama menjaga dan melestraikan budaya yang dimiliki.

“Mari kita cintai budaya sunda, mudah-mudahan ke depannya kita dapat merancang dan membangun gedung kesenian/ pertunjukan supaya kita lebih semangat lagi dalam melestraikan budaya yang kita miliki,” ujarnya.

Sementara itu Prof. Endo Suanda menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama mensukseskan Pagelaran Pusaka Sunda di Majalengka.

“Butuh waktu yang lama untuk menjaga serta melestarikan budaya sunda. Kita harus bangkit dengan kekayaan budaya yang kita miliki,” ajaknya.

Acara pagelaran Degung Pusaka Sunda tersebut dimeriahkan juga oleh penampilan tari topeng dari Sanggar Sekar Laras, serta penampilan degung kreasi para musisi muda yang ada di Majalengka, yang tergabung di group Panghegar. Selain itu sebagai apresiasi, Dekkma memberikan penghargaan kepada Pusaka Sunda dan Prof. Endo Suanda. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed