oleh

Prihatin terhadap Kecanduan Gadget, Mahasiswa Ini Cetus Program Malam Rabu Bersama Buku

Citrust.id – Berawal dari sebuah keprihatinan terhadap kebiasaan masyarakat khususnya kaula muda yang candu akan gadget. Tampaknya menjadi perhatian serius dari sejumlah kalangan.

Tidak terkecuali Fajar Rahmawan, aktivis asal Tasikmalaya sekaligus mahasiswa IAIN Syekh Nurjati itu cetuskan program Malam Rabu Bersama Buku sebagai upaya pengalihan kebiasaan dari gadget.

“Bisa dilihat kebiasaan orang jika berkumpul, pasti melulu perhatiannya kepada gadget. Kenapa tidak kita ubah menjadi buku,” ungkapnya kepada citrust.id saat ditemui di Kedai Jawane Coffee, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Selasa (20/11/2018) malam.

Dirinya menilai, aksi matikan gadgetmu baca bukumu ini mampu menjadi kiblat dalam peralihan candu gadget menjadi candu buku. Terlebih, menurutnya, minat membaca di Indonesia sangatlah rendah dan perlu untuk terus disosialisasikan.

Terlihat tidak hanya kaum pelajar saja yang hadir dalam aksi tanpa gadget itu, para pekerja pun baik laki-laki maupun perempuan turut ambil bagian dalam keheningan selama dua jam. Mereka larut dengan bacaan yang ada di tangan masing-masing.

“Kita lakukan acara ini dimulai dari pukul 20.00-22.00 WIB. Jadi selama itu, gadget-gadget akan dikumpulkan dan peserta fokus membaca,” tambah dia.

Adapun untuk jenis buku yang dibaca. Kata Fajar, tidak ada kategori khusus. Buku-buku bisa dibawa sendiri dari rumah atau peserta bisa meminjam buku yang sudah disediakan.

Terakhir, dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi pelopor di daerah-daerah lainnya guna melakukan kegiatan serupa. Fajar menilai, hal tersebut merupakan suatu yang urgen mengingat krisisnya minat membaca di negara Indonesia.

“Kalau dibuat forum seperti ini kan jadinya lebih seru. Antusias peserta juga akan bertambah,” tandas Fajar./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed