oleh

Pramuka

Catatan DADANG KUSNANDAR*

TENDA Pembina Pramuka meniupkan peluit. Suaranya nyaring memecah keheningan malam. Serentak para anggota Pramuka keluar dari tenda masing-masing menyimak isi pesan yang disampaikan dari tenda pembina.

Ternyata tiupan peluit itu adalah sandi morse. Sebuah isyarat yang memberikan pesan apa yang harus dilakukan para peserta berkemah. Ketua regu langsung memerintahkan anak buahnya untuk memenuhi isi pesan dari bunyi peluit yang melengking itu.

Jika bunyi peluit pesan sandi morse dianggap kurang dapat dipahami, pembina mengulang pesan yang sama menggunakan lampu senter. Tekanan pendek artinya titik dan tekanan panjang artinya garis.

Di atas merupakan suasana perkemahan pramuka pada awal tahun 1970-an. Anggota pramuka pun memperoleh pelajaran smaphore, yakni isyarat berisikan pesan melalui kibasan bendera yang digerakkan dengan sigap. Setiap gerakan bendera mengandung arti satu huruf. Bendera smaphore berwarna kuning merah yang dibelah diagonal dan diikatkan pada sebilah bambu kecil.

Perkemahan pramuka pun mengenal istilah mencari jejak. Sebuah permainan untuk menguji ketahanan fisik seluruh peserta, termasuk ketelitian/ kemampuan mencari lokasi dan kerjasama tim.

Pelajaran lain yang diperoleh dari kegiatan pramuka adalah jurit malam dan api unggun pada malam penutupan perkemahan.

Di tahun 1970-an kegiatan kemah pramuka pun mengajarkan penggunaan bahan sederhana/ apa adanya untuk keperluan memasak. Misalnya batok kelapa untuk memasak nasi. Dengan demikian perkemahan pramuka memberikan banyak pelajaran bermanfaat.

Akan tetapi perkemahan siswa sekokah tahun 2000-an mengalami perubahan drastis. Tidak ada kegiatan memasak karena pembina telah memesan keperluan makan melalui jasa catering. Bahkan sempat terdengar tenda pramuka hanya dipasang di luar sementara mereka tidur di kamar hotel.

Pramuka sebagai kegiatan ekskul semoga dapat membentuk karakter seluruh siswa Indonesia serta menjalin kerjasama tim untuk memecahkan suatu masalah. Kegiatan out bond agaknya mengadopsi detil kegiatan pramuka sebagaimana dituangkan Lord Baden Powel.

Selamat Hari Pramuka 14 Agustus. []

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed