oleh

Polres Ciko Siapkan Lima Skenario Amankan Pemilu 2019

Citrust.id – Polres Cirebon Kota menggelar latihan gabungan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), Jum’at (7/12/2018), di depan Balaikota Cirebon.

Simulasi tersebut melibatkan ribuan personel yang terdiri dari Polri, TNI, Brimob, satuan keamanan lain hingga petugas TPS.

Simulasi dibuat layaknya kejadian sesungguhnya. Selain itu dilengkapi berbagai peralatan pendukung, seperti senapan gas air mata, water canon, brimob bersenjata lengkap, miniatur bom dan lain-lain.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, menjelaskan, Sispamkota untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi saat Pemilu 2019.

“Kami siap mengawal dan mengamankan Pileg dan Pilpres 2019,” katanya.

Kapolres memaparkan, ada lima skenario disiapkan untu mengamankan Pemilu 2019.

Skenario tersebut yakni pencurian kotak suara dan sikap tanggap mengamankan pelaku, tindakan terhadap caleg yang melakukan money politik, kerusuhan di TPS dikarenakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) mengamuk, penjinakan benda yang diduga bom, serta antisipasi selepas Pemilu bilamana terjadi aksi demonstrasi yang berujung anarkisme.

PJ Walikota Cirebon, Dedi Taufik, mengungkapkan, dirinya mengapresiasi tindakan nyata yang dilakukan jajaran Polres Cirebon Kota. Aparat keamann telah maksimal melatih keterampilan dan kesigapan para anggota untuk menghadapi situasi yang tidak diinginkan.

Dirinya berharap, Sispamkota ini bisa menjadi tolak ukur para personel guna memahami tugasnya masing-masing.

“Kita harap pada pelaksanaan Pilres dan Pileg 2018 di Kota Cirebon nanti berlangsung aman dan kondusif,” ucapnya. /dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed