oleh

PKD Diharapkan Bisa Menebar Semangat Kejujuran

Citrust.id – Bertempat di Kantor Panwascam Jatitujuh dilaksanakan Pelantikan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), untuk pemilu DPR, DPD, DPRD, serta presiden dan wakil presiden 2019.

Ketua Panwascam Jatitujuh, Isa Ansori mengatakan pelantikan tersebut dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum nomor 10 tahun 2012 tentang pembentukan, pemberhentian, pergantian antar waktu Badan Pengawas Pemilu Provinsi, Panwaslu Kabupaten/Kota, Kecamatan dan panwas lapangan serta Panwas Luar negeri.

Dirinya berharap, PKD ini dapat melaksanakan tugas dan perannya sebagai Panwas, untuk menjamin terlaksananya Pemilu yang aman, damai serta demokratis.

“Kita harap dengan telah dilakukannya pelantikan ini, kawan-kawan PKD dapat segera bekerja dan berkoordinasi dengan semua perangkat yang ada di desa masing-masing,” harap dia, Senin (09/04) seusai pelantikan.

Dijelaskan Isa, tujuan dibentuknya PKD ini, kata dia, adalah untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu di tingkat Desa. Selain itu, tugas lainnya adalah menerima temuan dan laporan dugaan pelanggaran Pemilu, serta menindaklanjuti dan meneruskan temuan dan laporan ke pihak yang berwenang.

“Seluruh PKD dalam melaksanakan tugas hendaknya selalu koordinasi dan tidak mengedepankan sikap arogan, serta tidak diskriminasi. Bagi PKD yang sudah dilantik dan diambil sumpah, agar bisa bekerjasama dengan seluruh stakeholder di desa masing-masing. Tidak kalah pentingnya bahwa Pengawas Pemilu harus netral,” ujarnya.

Pihaknya berharap, semoga dengan adanya PKD yang bertugas di 15 Desa se-Kecamatan Jatitujuh ini, bisa meningkatkan mutu pelaksanaan Pemilu baik Pemilihan DPR, DPD, dan DPRD maupun pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2019.

Bukan hanya itu saja, Isa juga mengajak peran serta masyarakat dalam pengawasan di Pemilu nanti.

“Kami juga mengajak warga melaporkan jika menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota Panwaslu dengan bukti. Reward dan punishment akan dikenakan sesuai aturan yang berlaku,” tandasnya.

Sementara itu divisi SDM dan Organisasi Panwascam Jatitujuh, Donny Yogarasa menitipkan agar para anggota PKD bisa menebarkan semangat jujur, adil dan bersih dalam menjalankan tugasnya.

Donny menilai pemilu adalah sebuah instrumen penting dalam pondasi politik. “Jika berjalan lancar, maka akan melahirkan pemimpin yang berkualitas. Insya Allah negeri ini menjadi negeri damai, kuat dalam demokrasi modern,” tukas dia. /abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed