oleh

Pertama, Kota Cirebon Laksanakan Pra Seleksi Magang Ke Jepang

Citrust.id – Sebanyak 202 peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat ikuti pra seleksi peningkatan kompetensi Bahasa Jepang. Seleksi tersebut dilaksanakan di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon, Jalan Cipto Mangunkusumo, Kecamatan Kesambi, Sabtu (13/10/2018).

Dalam pra seleksi tersebut, hadir pula perwakilan dari IM Japan, Kementerian Tenaga Kerja Indonesia dan Jawa Barat, Kementerian Imigrasi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta pemerintahan daerah.

Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan, seleksi tersebut dibagi menjadi 3 tahapan, yakni pada tingkat daerah, provinsi, dan nasional.

“Sebagaimana yang disampaikan kementerian, untuk kuota pemagangan ini tidak dibatasi sama sekali. Bagi siapa pun yang kualifikasi dan persyaratannya terpenuhi, akan kami berangkatkan,” ungkapnya kepada citrust.id di sela-sela kegiatan.

Selain itu, pihaknya mengaku, Kota Cirebon menjadi kota pertama di Jawa Barat yang mengadakan pra seleksi dalam program pemagangan ke Negeri Sakura tersebut.

Menurutnya, dalam program pemagangan ini diperlukan persiapan yang matang. Dalam hal tersebut kegiatan pra seleksi, dapat menjadi uji latihan bagi para peserta untuk memaksimalkan kesiapan dan kemampuan guna meminimalisir tingginya angka kegagalan.

Adapun kegiatan dalam pra seleksi tersebut di antaranya pemeriksaan kelengkapan administrasi, tes kesehatan, pembekalan materi (wawancara).

“Kita berharap dengan adanya program kerja sama ini mampu menekan angka pengangguran khususnya di Kota Cirebon,” tandasnya./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed