oleh

Peringati Ulang Tahun Dewa, Ratusan Umat Bersembahyang di Vihara Dharma Sukha Plered

aitrades

Citrust.id – Ratusan jemaat melakukan ritual dan bersembahyang di Klenteng Hok Keng Tong atau Vihara Dharma Sukha, Plered, Kabupaten Cirebon, Minggu (18/3), dalam rangka memperingati hari ulang tahun tetua para dewa, yakni Dewa Fu Tek Ming Wang.

Ketua Yayasan Vihara Dharma Sukha, Kusnadi Halim, umat yang hadir selain dari Cirebon dan sekitarnya juga berasal Jakarta, Bandung, Sukabumi, Surabaya dan Yogyakarta.

“Mereka datang sebagai penghormatan ulang tahun dewa yang duduk di altar utama vihara kami, Dewa Fu Tek Ming Wang yang telah berusia ribuan tahun,” ujarnya.

Selain sembahyang bersama, kata Kusnadi, ritual yang dilakukan yakni membakar lilin sebagai simbol penerangan hidup. Setelah itu membakar hio atau dupa yang mengeluarkan asap harum.

“Maknanya adalah asap hio sejalan dengan arah angin. Namun, harumnya nama seseorang bisa searah maupun melawan angin,” terangnya.

Terakhir, membakar kertas toa kim. Kertas itu berwarna kuning yang di dalamnya bergambar dewa-dewa. Dengan membakar kertas toa kim, umat menganggap bahwa proses ritual atau sembahyang telah selesai.

“Filosofi lain adalah terbakarnya kertas toa kim maka terbakar pula kebodohan batin, iri hati dan sifat jelek lain lalu berganti jadi kebajikan,” jelas Kusnadi.

Umat yang datang juga memberikan persembahan-persembahan, seperti buah, kue, air putih, bunga sedap malam dan lain-lain. Beberapa hari sebelumnya, patung Dewa Fu Tek Ming Wang dimandikan serta diganti jubahnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed