oleh

Peringati HUT RI ke-73, Kota Cirebon Borong Penghargaan

aitrades

Citrust.id – Sejumlah penghargaan berhasil diraih Kota Cirebon selama kurun waktu setahun terakhir ini. Saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Proklamasi RI ke-73 di Alun-alun Kejaksan, Kota Cirebon, Jumat (17/8), Pj Walikota Cirebon, Dedi Taufik, mengatakan, seluruh komponen masyarakat ikut berperan aktif dan bekerja keras atas diraihnya berbagai penghargaan itu.

Dikatakan Dedi, berbagai penghargaan yang berhasil diraih antara lain mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI serta meningkatkan hasil evaluasi Sakip dari CC menjadi B. Kota Cirebon juga meraih juara lomba kelurahan tingkat provinsi Jawa Barat yang diwakili Kelurahan Pekiringan. Penghargaan kota sehat Swasti Saba Wiwerda yang merupakan kenaikan status dari Swasti Saba Padapa juga berhasil disabet.

Tak hanya itu, lanjut Dedi, penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN KIS dari Presiden Republik Indonesia berhasil didapatkan. Dari 27 kabupaten/kota di Jawa barat, hanya empat daerah yang memperoleh penghargaan tersebut yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Sukabumi dan Kota Bandung.

“Penghargaan itu diberikan karena lebih dari 99 persen masyarakat Kota Cirebon telah terlayani melalui JKN-KIS,” ungkap Dedi.

Peningkatan prestasi juga telah berhasil diraih melalui peningkatan status kota layak anak pratama menjadi kota layak anak Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Selanjutnya Kota Cirebon terpilih menuju 100 kabupaten dan kota smart city di Indonesia.

“Upaya pengembangan smart city Kota Cirebon dilakukan dengan peningkatan kreativitas dan inovasi serta kolaborasi dan sinergitas antara stakeholders tanpa meninggalkan kearifan lokal,” ungkap Dedi.

Seluruh kemajuan dan prestasi tersebut menurut Dedi bisa tercapai atas kerja sama dan kerja keras semua pihak dan partisipasi masyarakat. Masih banyak permasalahan dan tantangan yang harus diselesaikan bersama. Semua itu membutuhkan perjuangan dan kerja keras masyarakat kota Cirebon.

Dedi juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018. Sekalipun Kota Cirebon tidak termasuk kota penyelenggara, namun karena merupakan bagian dari Indonesia, tetap wajib untuk ikut menyukseskan pelaksanaanya.

“Saya berharap prestasi terbaik dapat diraih atlet-atlet Indonesia,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed