oleh

Jumlah Penderita Virus HIV/AIDS di Cirebon Meningkat

Citrust.id – Permasalahan virus HIV/AIDS menjadi PR serius bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten maupun Kota Cirebon.

Pasalnya, jumlah Orang Dengan virus HIV AIDS (ODHA) di wilayah Cirebon cukup masif dan cenderung meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan data yang dihimpun Citrust.id, selama periode Januari-Oktober 2018 di Kabupaten Cirebon ditemukan sebanyak 222 orang yang positif virus HIV/AIDS. Sedangkan untuk Kota Cirebon terdapat 58 orang yang positif virus serupa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Cirebon, Nanang Rudiana, Senin (3/12/2018), mengungkapkan, dari tahun 2002 hingga 2018 atau selama 18 tahun terdapat 1.756 orang yang diperiksa.

Sementara, Sekretaris KPA, Sudarjo, menyebutkan, saat ini Kabupaten Cirebon menempati urutan ke-9 orang dengan virus HIV/AIDS terbanyak di Jawa Barat.

Oleh karena itu, Dinkes dan KPA Kabupaten Cirebon mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar berani memperiksakan diri. Dengan demikian, virus mematikan itu dapat ditekan dan ditanggulangi sedini mungkin.

“Kami akan lindungi para pasien dari segi privasi sehingga mereka tidak perlu takut diperiksa,” tandasnya./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed