oleh

Pemda Kota Cirebon Berangkatkan Tiga Bus Mudik Gratis

Citrust.id – Pemerintah Daerah Kota Cirebon telah memberangkatkan tiga bus pemudik tujuan Yogyakarta dan Solo. Diharapkan angka kecelakaan lalu lintas selama mudik 2018 bisa menurun.
Kegiatan mudik gratis itu pertama kali diadakan di Kota Cirebon yang digagas Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat sekaligus Penjabat Walikota Cirebon, Dedi Taufik.

Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Asep Dedi, menjelaskan, pemberangkatan pemudik tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dikarenakan baru pertama kali diberangkatkan dari Kota Cirebon, sosialisasi kurang dilakukan. Sehingga ada dua bus yang dikembalikan ke Bandung karena tidak terisi oleh pemudik.

“Awalnya kita dapat lima bus. Tapi dua bus terpaksa dikembalikan ke Bandung dan digunakan pemudik untuk berangkat dari Bandung. Saya berharap mudik melalui Kota Cirebon menuju sejumlah daerah di Jawa Tengah dan sekitarnya bisa terus dilaksanakan tahun depan,” ujarnya.

Sementara, Kepala UPT Prasarana Lalu Lintas Dinas Perhubungan Jabar, Iwan Sofyan, menjelaskan, mudik gratis menggunakan bus itu digagas Pemprov Jabar melalui Dinas Perhubungan dan serentak dilakukan lima kota di Jabar.

“Total ada 100 bus yang diberangkatkan untuk mudik gratis dari lima kota, yakni Bandung, Cirebon, Bogor, Bekasi dan Sukabumi,” ungkap Iwan.

Jumlah bus tahun ini dikatakan Iwan meningkat 100 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Mudik bersama itu untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas, khususnya pada pengguna sepeda motor.

“Angka kecelakaan lalu lintas banyak terjadi pada pemudik yang menggunakan sepeda motor,” ungkap Iwan. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed