oleh

Pemda Kota Cirebon Akan Dapat Bus Pariwisata Dari Pemprov Jabar

Citrust.id – Kota Cirebon bakal mendapat hibah berupa satu unit bus pariwisata dari Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jawa Barat.

Pemberian bus tersebut merupakan bagian dari program 100 hari kerja Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk mendongkrak pariwisata di Jawa Barat, khususnya di Kota dan Kabupaten Cirebon.

Sekretaris Organda Kota Cirebon, Karsono, mengatakan, bus pariwisata itu pada awalnya diberinama Dolan-Dolan Kreatif Cirebon (Docang). Akan tetapi, agar lebih elegan namanya akan diubah menjadi Citros (Cirebon Tourism On Bus).

“Kalau Docang terlalu kuliner. Saya sudah ajukan kepada Pak Kadis agar lebih umum diberi nama Citros,” terang Karsono, Selasa (4/12).

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cirebon, Dikri Hopiana mengatakan, tahun ini Pemda Kota Cirebon baru menerima satu unit bus.

“Insya Allah tahun depan akan keluar 2-3 unit bus,” ungkapnya.

Dikatakan Dikri, bus Citros rencananya akan dilaunching 28 Desember 2018. Bus itu bisa membawa sekitar 30 wisatawan ditambah sopir dan satu pemandu.

Bus Citros akan menyambangi sejumlah destinasi wisata, seperti Makam Sunan Gunung Jati, Goa Sunyaragi, Keraton Kanoman dan Kasepuhan, wisata Batik Trusmi dan lain-lain.

Dikri menilai, hadirnya bus pariwisata di Cirebon dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terutama dari sektor pariwisata. Wisawatan yang berkeliling Cirebon akan dimanjakan dengan fasilitas bus pariwisata.

“Titik temu akan ditetapkan di CSB Mall karena lokasinya strategis sehingga memudahkan wisatawan,” katanya.

Terkait mekanisme tarif perjalanan, Dikri mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Organda dan Pemprov Jabar. Hal itu karena rute bus melintasi dua daerah, yakni Kota dan Kabupaten Cirebon.

“Di Surabaya, sistem pembayarannya berupa menukar tiket dengan sampah. Tapi soal itu kami akan kaji dulu secara matang,” tandasnya. /dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed