oleh

Pemda Kabupaten Cirebon Nyatakan Siap Hadapi Musim Penghujan

Citrust.id – Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) kabupaten Cirebon, Dadang Suhendar menegaskan kesiapannya dalam menghadapi musim penghujan. Pernyataan tersebut diungkapkan selepas digelarnya rapat koordinator (rakor) penanggulangan bencana di Ruang Paseban Kantor Bupati Cirebon, Rabu (14/11/2018).

Dirinya menyampaikan, semua sarana dan prasarana sudah dipersiapkan termasuk gelar pasukan apabila terjadi situasi yang tidak dinginkan nantinya.

“Semua sudah kami persiapkan dari awal bulan ini, termasuk 2 perahu karet yang sudah kita titipkan di Ciledug serta perlengkapan lainnya akan segera menyusul,” ungkap Dadang kepada citrust.id.

Lebih lanjut Dadang menerangkan, potensi bencana terbesar yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Cirebon ialah banjir dan longsor.

Adapun untuk antisipasi persoalan sungai, pihaknya sudah melayangkan surat kepada pihak-pihak terkait, dalam hal ini Pemrov Jawa Barat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Kebetulan besok kita ada rakor di BBWS. Nantinya akan kita tegaskan sudah sejauh mana dan apa saja yang sudah dikerjakan oleh BBWS,” tambah dia.

Berdasarkan data yang BPBD Kabupaten Cirebon terima sejauh ini, BBWS mencatat setidaknya ada 6 titik sungai yang rawan bencana di wilayah Cirebon Timur, salah satunya sungai Ciwaringin.

Sementara itu, Plh Bupati Cirebon, H. Rachmat Sutrisno mengatakan, kejadian di tahun kemarin menjadi sebuah pengalaman berharga. Maka dari itu di tahun ini Pemda Kabupaten Cirebon sudah mempersiapkan segala kemungkinan, terutama dalam hal penyelamatan jiwa.

“Kita juga sudah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC). Intinya, Pemda Kabupaten Cirebon sudah siap menghadapi musim penghujan,” tandasnya./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed