oleh

Pemda Bakal Bangun Masjid Terbesar se-Kabupaten Cirebon

Cirebontrust.com – Setiap daerah pasti memiliki icon dalam bentuk bangunan atau monumen yang menjadi kebanggaan masyarakatnya. Baik sekedar dijadikan simbol atau penghias daerah tersebut, untuk daya tarik masyarakat luar berkunjung.

Tak terkecuali Kabupaten Cirebon. Daerah yang berlokasi diujung timur Jawa Barat ini, yang dikenal dengan tempat wisata religinya, yakni Makam Sunan Gunungjati berencana akan membangun masjid terbesar.

Terinspirasi dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Makam Sunan Gunungjati, Kecamatan Gunungjati.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon‎ sudah menyiapkan lahan seluas 10 hektare di lokasi tersebut, untuk pembangunan masjid yang digadang-gadang terbesar di daerah yang berjuluk “kota sejuta situs bersejarah” itu.

“Selain masjid yang anggarannya Rp 274 milyar. Saya juga akan bangun Islamic Center, dan Pondok Pesantren (Ponpes) yang berpusat di situ. Tentunya ini bertahap, karena anggaran besar tersebut tidak bisa langsung digelontorkan satu tahun anggaran,” terang Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastera, di Ponpes Salafiyah, Desa Pabuaran Lor, Kecamatan Pabuaran, Selasa (15/05).

Pembangunan yang berpusat di Situs Makam Sunan Gunungjati‎ itu, untuk menanggulangi masyarakat yang meminta-minta di tempat itu. Tentunya sangat menggangu pengunjung atau para peziarah.

“Nanti pengunjung hanya memberikan sedekahnya di kotak-kotak amal saja. Tidak ada lagi peminta-minta yang memaksa di Makam Sunan Gunungjati,” tegas Sunjaya. (Riky Sonia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed