oleh

Pelaku UMKM di Kota Cirebon Kembali Diberi Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Online

Citrust.id – Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Cirebon mendapatkan pelatihan pemasaran produk berbasis online.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPUKM) Kota Cirebon, Hj Yati Rohayati, mengatakan, pada kegiatan yang diselenggarakan pada 3-6 April di Balaikota Cirebon itu juga mengundang pengelola market place. Para pelaku UMKM juga diajarkan memasarkan produk memanfaatkan marketplace yang ada.

“Sejak 2017 kami sudah tiga kali menggelar pelatihan seperti ini. Tahun ini direncanakan ada dua kali pelatihan,” katanya.

Dijelaskan Yati, pelatihan pemasaran produk UMKM berbasis online tersebut juga untuk mendukung program pemerintah pusat, yakni menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy Of Asia dan program 1.000 UMKM Online yang digagas Kementerian Koperasi dan Kementrian Komunikasi dan Informasi.

Dengan melakukan pemasaran secara online, imbuh Yati, produk yang dihasilkan UMKM bisa dijual tidak hanya di Kota Cirebon, namun di seluruh Indonesia, bahkan hingga luar negeri.

“Mereka juga harus terus memperbaiki kualitas dan pelayanan sehingga produk yang dijual mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Komunikasi Informasi dan Statistika (DKIS) Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa, menjelaskan, pelatihan itu juga merupakan dukungan program smart city di Kota Cirebon.
Website DKIS dikatakan Ma’ruf terbuka bagi pelaku UMKM yang ingin menjual produk mereka dibantu relawan TIK.

“Pola pemasaran produk secara online diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Cirebon,” terangnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed