oleh

Peduli Kelestarian Hutan, Desa Sukamenak Raih Juara 3 Wana Lestari

Citrust.id – Suatu kebanggaan bagi masyarakat Majalengka karena pada Rabu, (28/11/2018) bertepatan dengan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Desa Sukamenak, Kecamatan Bantarujeg, memperoleh penghargaan dari Gubernur Jawa Barat dalam lomba Wana Lestari Kategori Desa/Kelurahan Peduli Kehutanan Tingkat Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diberikan langsung kepada Kepala Desa Sukamenak Kecamatan Bantarujeg Asep Sunjaya dalam acara Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tingkat Jawa Barat di Muara Gembong Kabupaten Bekasi.

Saat dihubungi via telepon, Kepala Desa Sukamenak Asep Sunjaya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Sukamenak dan pihak-pihak terkait yang sudah bekerja keras untuk menjaga hutan yang ada di Desa Sukamenak sehingga efek dari perbuatan tersebut selain lingkungan kita tetap terjaga, Desa Sukamenak juga mendapatkan penghargaan juara ketiga lomba Wana Lestari ketegori Kelurahan/Desa Peduli Kelurahan/Desa Peduli Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

“Rasanya terlalu berlebihan atas penghargaan ini. Sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga hutan yang kita miliki. Saat ini kondisi hutan sudah rusak dimana-mana sehingga harus kita jaga kelestariannya dari sekarang juga,” katanya.

Saat ini, kata dia, di Desa Sukamenak wilayah hutannya dijaga oleh masyarakat serta di dukung dengan adanya peraturan Desa tentang penjagaan hutan di wilayah Desa Sukamenak. Misalnya saja hutan Sinangtoreng yang tatap dijaga kelestariannya, sehingga di hutan tersebut usia pohonnya beratus-ratus tahun menjadi tempat tinggal tempat tinggal berbagai hewan dan sumber mata air bagi warga Sukamenak./abduh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed