oleh

Partai Gerindra Kota Cirebon Merapat ke Oki-Edo

aitrades

Citrust.id – Sikap politik Partai Gerindra Kota Cirebon pasca gagal Koalisi Umat gagal mengusung Siswandi-Euis terjawab.

Melalui rapat partai yang belangsung cukup alot di Sekretariat DPC Partai Gerindra Kota Cirebon, Gerindra sepakat mendukung paslon Bamunas Setiawan-Effendi Edo.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Cirebon, H Eman Sulaeman mengatakan, dukungan kepada paslon Bamunas-Effendi Edo atau biasa disebut Oki-Edo (Oke) itu sudah sesuai mekanisme dan prosedur partai.

Pada rapat yang dihadiri pengurus DPC, PAC, ranting serta sayap partai seperti Satria, Pira dan Kesira diajukan penilaian terhadap paslon yang sesuai dengan kepentingan partai untuk lima tahun ke depan.

“Saya tawarkan apakah akan mendukung Pasti atau Oke bahkan abstain sekalipun,” ungkapnya, Minggu (28/1).

Dikatakan Eman, ada dua pertanyaan yang dilempar ke forum, mempertahankan yang lama atau menghendaki pembaruan. Mayoritas forum menghendaki pembaruan. Akhirnya kader dan pengurus Gerindra Kota Cirebon sepakat memilih pasangan Oke.

Selain itu, keluarnya Gerindra dari Koalisi Cirebon Maju (KCM) masih membekas dan menyisakan luka di hati para kader. Jika Gerindra kembali ke petahana akan kurang dihargai.

Sejumlah kinerja petahana pun banyak menyisakan tanda tanya yang hingga kini masih belum terselesaikan. Banyak proyek terbengkalai bahkan belum ada penyelesaiannya hingga sekarang. Masyarakat menilai kinerja wali kota patut dipertanyakan.

Eman mengutarakan, usai keluar kesepakatan internal partai, Gerindra akan berkomunikasi dengan pihak Oke. Komunikasi itu juga akan membicarakan komitmen untuk menjalankan mesin partai, mulai dari struktur DPC hingga ranting.

“Jika tidak ada kesepakatan, kami akan menempuh jalan lain. Antara lain abstain dan lebih fokus memenangkan paslon Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) dalam pemilihan gubernur Jabar,” kata Eman.

Eman menegaskan, kesepakatan itu bukan berarti Gerindra meminta mahar atau konpensasi, tapi lebih kepada biaya untuk menggerakan mesin partai. Dirinya mengakui, Gerindra Kota Cirebon tidak sejalan dengan pilihan skala nasional pada pilpres 2019. Namun di beberapa kota/kabupaten juga terjadi hal yang sama sehingga pihaknya mengikuti dinamika politik yang ada di Kota Cirebon.

“Keputusan mendukung pasangan Oke ini merupakan keputusan DPC Gerindra Kota Cirebon. Untuk itu, saya berharap seluruh pengurus partai mulai dari DPC hingga ke tingkat ranting fatsun terhadap keputusan rapat,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed