oleh

Panik Bunyi Dentuman Keras di PLTU 1 Cirebon, Satu Karyawan Luka

Citrust.id – Terdengar bunyi dentuman keras dengan suara gemuruh di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) I Cirebon, Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura. Suara gemuruh yang berasal dari pembangkit listrik tersebut hingga terdengar ke perkampungan warga sekitar PLTU, Jumat (16/03) sekitar pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun Citrust.id, bunyi menyerupai suara ledakan terjadi hingga tiga kali. Akibatnya, karyawan PLTU panik dan berhamburan menyelamatkan diri. Dari kejadian tersebut, satu karyawan mengalami luka saat menyelamatkan diri dari lantai 10 boiler, mesin pembangkit.

PLTUMenanggapi kejadian tersebut, Head of Communications Cirebon Power, Yuda Panjaitan mengatakan, suara dentuman tersebut merupakan hal biasa yang dilakukan saat melakukan pemeliharaan.

“Hari ini tim teknisi tengah melakukan pemeliharaan rutin, untuk memastikan performa mesin dan boiler. Untuk itu dilakukan pemadaman mesin, yang salah satu prosedurnya adalah mengeluarkan tekanan dalam ruang boiler. Proses ini secara otomatis membuka safety valve, dan melepaskan tekanan. Tekanan uap yang sangat tinggi ini menyebabkan bunyi dentuman yang cukup keras sebanyak tiga kali,” terangnya.

Ia menambahkan, terkait dengan beredarnya foto seorang pekerja dengan kondisi luka, pihaknya menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Foto tersebut adalah foto seorang pekerja kebersihan bernama Samsul, yang kaget pada saat terjadi dentuman, lalu berlari dan terjatuh. Ini menyebabkan luka ringan pada kedua lutut kakinya. Hal ini langsung ditangani oleh tim safety & health Cirebon Power, dengan membawanya ke klinik karyawan,” ujar Yuda Panjaitan.

Yuda menambahkan, aktivitas di dalam areal PLTU Cirebon Power berjalan normal, tidak ada gangguan apapun. /riky sonia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed