oleh

Ono Surono: Petani Hingga Saat Ini Masih Menjalankan Pola Tradisional

Indramayutrust.com – Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ono Surono ST dalam mengungkapkan masih ada masalah-masalah di sektor pertanian, di antaranya soal lahan, infrastruktur, sarana produksi, kelembagaan dan UUD, SDM serta Permodalan.

“Petani masih menjalankan pola-pola pertanian yang tradisional, meskipun hampir setiap di perguruan tinggi ada jurusan pertanian, namun di fakultas pertanian tersebut masih rendah dan paling bawah peminatnya,” ungkapnya

Dikatakannya, yang lulusan pertanian juga mayoritas bekerja di instansi dan dinas yang bukan sektor pertanian. Sehingga, lanjut Ono, hal tersebut juga merupakan masalah-masalah SDM dalam pertanian.

Menurutnya, terkait dengan permodalan, di APBN untuk pertanian, padahal sudah ada programnya di pemerintah pusat.

“Terkait dengan lahan, ada program TORA (Tanah Objek Feforma Agraria), tapi mayoritas untuk lahan-lahan hutan di luar jawa,” jelasnya.

Menurutnya, lahan yang di kelola perhutani di Indramayu banyak mangkrak, pohon yang sudah di tebangi tidak di tanami, dan ada ribuan hektar di Indramayu yang masih belum di kelola.

“Semoga MSP menjadi wadah Gapoktan, Poktan, Petani, bukan hanya sekedar untuk mendapat program bantuan, namun sekaligus wadah perjuangan,” pungkasnya. (Didi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed