oleh

Museum Talaga Manggung Menyimpan Koleksi Benda Peninggalan Raja

Citrust.id – Museum Talaga Manggung yang teletak di jalan Jendral Ahmad Yani, Desa Talaga Wetan, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Talaga.

Di musem ini setidaknya menyimpan perlengkapan perang seperti pedang, tombak, kris, meriam. hingga alat rumah tangga seperti piring, gelas serta perabot memasak. Ada juga alat kesenian seperti gong renteng dan kecapi.

Benda-benda tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Talaga yang jaya pada tahun 1291 sampai 1371 Masehi, dengan pemimpin pertama Prabu Darma Suci 1. Kerajaan tersebut merupakan salah satu kerajaan Sunda yang pada masa kepemimpinannya berkeyakinan Hindu Kasta Sarwastiweda, sebagai mana dijelaskan Yuyun selaku pengelola museum.

Sayangnya, museum ini tidak setap hari dikunjungi wisatawan dan kebanyakan mereka yang datang pun dari kalangan pelajar.

“Museum ini kebanyakan dikunjungi anak-anak sekolah dan mahasiswa,” paparnya kepada Citust.id yang saat itu juga telah selesai dilakukan pembersihan benda-benda bersejarah tersebut, Rabu (17/10/2018)./evan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed