oleh

MUI Kota Cirebon Adakan Dialog Peningkatan Kualitas Dakwah Islamiyyah

Citrust.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cirebon adakan Dialog Peningkatan Kualitas Dakwah Islamiyyah guna menyatukan visi dan misi umat Islam khususnya di Kota Cirebon. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Islamic Center Kecamatan Kejaksan, Sabtu (27/10/2018).

Dalam dialog tersebut hadiri pula para mubaligh, khotib, serta penyuluh agama Islam di ruang lingkup wilayah Kota Cirebon.

Ketua MUI Kota Cirebon, KH Sholihin Uzer mengatakan, dalam berdakwah perlu didasari ilmu yang merujuk langsung kepada Al-Qur’an dan Al-Hadist. Karena jika dakwah dilakukan asal-alasan sama halnya dengan menyesatkan umat dan hanya akan menimbulkan perpecahan.

“Islam disampaikan dengan cara yang bagus dan bersahabat. Dalam berdakwah kita mengajak kepada masyarakat dengan merangkul (bukan memukul), diajak (bukan diinjak), dihormati (bukan disakiti),” ungkapnya kepada citrust.id seusai kegiatan.

Dikatakan Sholihin, dengan tingginya kualitas mubaligh dalam berdakwah, bisa diartikan MUI sedang membantu pemerintahan dari segi pembinaan karakter masyarakat agar menjadi lebih baik.

Adapun untuk perbedaan pendapat yang kerap terjadi di lingkungan umat Islam, menurut Sholihin merupakan suatu hal yang wajar.

Tambah dia, tetapi perbedaan tersebut haruslah menyangkut furuiyah atau permasalahan-permasalahan kecil seperti sunah-sunah dalam berpakaian, dan lain sebagainya.

Dalam menyatukan frekuensi umat Islam, pihaknya juga mengangkat perwakilan dari masing-masing ormas guna bersama membina umat dalam lingkup MUI.

“Setelah dialoh ini diharapkan dapat tercipta mubaligh-mubaligh yang berkualitas yang bisa membimbing masyarakat menjadi lebih mencintai persatuan,” tandasnya./dhika

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed